PUBG Mobile Mampu Geser Mobile Legends?

Permainan Bertahan Hidup

Arena pertempuran PUBG Mobile sangat luas dan bisa dijelajahi seluruhnya. Sedangkan Mobile Legends hanya sebatas itu-itu saja

PERKEMBANGAN teknologi dan internet saat ini sudah mengubah banyak kecenderungan orang-orang dalam bermain game. Game offline dengan lawan kecerdasan buatan (AI) kini mulai ditinggalkan para gamer yang mencari tantangan lebih, yaitu melawan gamer lain yang ditemui di dunia maya.

pubg
sumber: www.pubgmobile.com

Dengan internet, bermain game dengan player lain dari seluruh dunia sangat mungkin terjadi. Melawan gamer lain bisa memberi sensasi tersendiri karena setiap orang memiliki strategi unik daripada melawan AI yang lama kelamaan bisa ditebak arah permainannya.

Setidaknya ada dua game mobile di Indonesia yang saat ini digandrungi jutaan gamer, baik profesional maupun amatir. Adalah PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) Mobile dan Mobile Legends, dua game yang saat ini menjadi trending di PlayStore maupun AppStore.

Seorang gamer profesional, Jess No Limit yang memiliki lebih dari empat juta subscriber di channel YouTube-nya mulai mengisi konten YouTube-nya dengan game PUBG Mobile yang sebelumnya didominasi Mobile Legends.

Ditanya mengenai alasan bermain PUBG Mobile, dia hanya menjawab sekenanya. “Karena orang yang saya suka juga bermain PUBG Mobile. Jadi saya juga harus latihan main,” katanya.

Game PUBG Mobile merupakan game buatan Tencent Games yang sebelumnya sukses menarik perhatian gamer di PC. Konsep game ini adalah bertahan hidup hingga tersisa satu orang atau satu tim terakhir dalam sebuah pulau. Dalam pulau tersebut terdapat banyak senjata atau segala sesuatu yang bisa digunakan untuk membunuh pemain lain atau menyembuhkan diri ketika cedera.

Sejak dirilis Maret 2018 lalu, game ini mulai mendapatkan tempat di hati para gamer. Pemain PUBG yang sebelumnya bermain di PC kini bisa beralih ke smartphone dan bisa dimainkan di mana saja.

Smartphone atau tablet terbaru yang dikeluarkan oleh produsen saat ini juga menunjukkan spesifikasi dengan iming-iming lancar bermain PUBG Mobile di perangkat tersebut. Game ini terbilang berat karena memiliki grafis realistis dan halus sehingga membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi.

Sebagai gamer sejati atau profesional, tentu saja mereka tidak tanggung-tanggung menginvestasikan uangnya untuk memilih smartphone yang memiliki spesifikasi menengah ke atas demi kenyamanan bermain.

Jika gamer PUBG Mobile tidak memiliki perangkat smartphone yang mumpuni, Tencent Games menyediakan emulator resmi bernama Tencent Gaming Buddy untuk dimainkan di PC. Emulator dan game ini juga bisa diunduh gratis dari website resmi Tencent.

Seorang gamer asal Semarang, Haris Rizki saat ini lebih sering bermain PUBG Mobile daripada Mobile Legends. Sudah enam bulan terakhir dirinya jarang bermain Mobile Legends dan lebih sering memainkan PUBG Mobile.

Alasanya adalah pengalaman baru yang selalu dia dapatkan ketika bermain PUBG Mobile. “Arena pertempuran PUBG Mobile sangat luas dan bisa dijelajahi seluruhnya. Sedangkan Mobile Legends hanya sebatas itu-itu saja,” ungkapnya.

Dia juga kurang menyukai perilaku para pemain Mobile Legends yang kurang menghargai pemain lain dengan cara mengumpat dalam game atau melakukan Away from Keyboard (AFK). Dengan tidak aktifnya satu orang dalam satu tim, tentu saja akan membebani teman satu tim hingga game berakhir.

Berbeda dengan PUBG Mobile yang lebih mengandalkan kemampuan individu untuk menembak, mencari posisi dan bekal untuk berperang. Selain bermain bersama tim, PUBG Mobile juga bisa dimainkan dalam mode solo.

Dia mengakui keduanya game tersebut memiliki konsep permainan yang sama sekali berbeda sehingga tidak bisa di-head to head kan. “Tergantung selera masing-masing,” tuturnya.

Saat ini di PlayStore, PUBG Mobile masih berada di trending Top Free nomor urut tiga di bawah Mobile Legends yang berada di puncak. Posisi kedua adalah Garena Free Fire yang memiliki gameplay mirip PUBG Mobile dengan grafis lebih ringan.

Mobile Legends yang memiliki usia lebih tua beberapa tahun sudah banyak mencetak juara dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa waktu ke depan PUBG Mobile bisa menggeser popularitas Mobile Legends mengingat saat ini turnamen dunia PUBG Mobile sudah mulai gencar dihelat besar-besaran, seperti akhir pekan lalu di Dubai. (*)

Leave A Reply