Puluhan Angsana di Jalan Thamrin Akan Diganti Pohon Asem

image
Ilustrasi

SEMARANG – Puluhan pohon angsana yang berdiri di pinggir ruas jalan protokol Kota Semarang telah ditebang oleh Pemkot setempat. Penebangan dilakukan lantaran usianya sudah tahunan dan akarnya merusak jalan sehingga akan diganti dengan pohon asem.
 
Salah satunya di Jalan Thamrin puluhan pohon jenis angsana yang sudah berdiri belasan tahun sudah ditebang. Penebangan ini karena akar jenis pohon angsana tersebut ternyata tumbuhnya tidak menghujam ke tanah, tapi menyamping sehingga merusak pedestarian jalan.
 
Rencananya bekas pohon angsana itu akan diganti dengan jenis pohon asem yang akarnya tumbuh ke dalam tanah sehingga tidak akan merusak jalan. Saat Selasa (21/10/2014) memantau penebangan di Jalan Thamrin, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan penebangan pohon ini, karena hanya dilakukan peremajaan.
 
‘’Nanti pemerintah akan menanam lagi dengan pohon yang lebih kuat sehingga masyarakat tidak perlu khawatir menjadi panas, karena hanya sementara,’’ katanya.
 
Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminnudin yang mendampingi wali kota menyatakan, penebangan pohon ini merupakan sebagai langkah untuk menata wajah kota. Di sejumlah ruas jalan tersebut, nantinya akan dibangun pendestrian yang baik, sehingga akan memepercantik tampilan wajah kota.
 
‘’Selain akan mengganti dengan pohon asem juga jarak antar pohonya akan diatur setiap dua meter supaya wajah kota terlihat lebih bagus,’’ terangnya.
 
Direncanakan sejumlah ruas jalan lain yang juga akan ditata pendestriannya di antaranya adalah Jalan Siliwangi. Pedestarian jalan tersebut akan dilebarkan dua meter. Dan Pohon-pohon angsana di ruas jalan tersebut juga akan diganti dengan pohon asem. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.