Puluhan Hasil Riset Siswa Dipamerkan di SMA Kebon Dalem

Siswa SMA Kebon Dalem memberikan penjelasan hasil riset kepada orangtua siswa yang berkunjung, Jumat (23/10). Foto: metrosemarang.com/abdul arif
Siswa SMA Kebon Dalem memberikan penjelasan hasil riset kepada orangtua siswa yang berkunjung, Jumat (23/10). Foto: metrosemarang.com/abdul arif

 

METROSEMARANG.COM – Ruang kelas SMA Kebon Dalem disulap menjadi stan pameran, Jumat (23/10). Berbagai hasil riset siswa di bidang sains, ilmu sosial dan bahasa dipamerkan di stan tersebut. Setidaknya ada 37 hasil riset dan 5 stan produk kreatif yang dipamerkan dalam kegiatan bertajuk Research Camp IV itu.

Kegiatan pameran dibuka oleh Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Kota Semarang, Hari Waluyo. Usai membuka, Hari juga berkesempatan meninjau stan-stan pameran. Beberapa di antaranya menarik perhatiannya. Salah satunya pengembangan botolponik oleh siswa kelas X.

Kepala SMA Kebon Dalem, Thio Hok Lay mengatakan Research Camp sebagai ajang bagi siswa untuk menerapkan sekaligus berbagi ilmu kepada pelajar SMP dan orangtua siswa.

“Tujuannya mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dalam pemecahan masalah,” kata Thio saat ditemui di sekolah, Jalan Wotgandul Barat 31 Semarang.

Adapun, Research Camp IV diawali dengan lomba internal yang diikuti oleh siswa pada Kamis (22/10) kemarin. Siswa mempresentasikan hasil riset di hadapan guru dan siswa, dengan juri dari Unika Soegijapranata.

Research Camp tersebut juha dimeriahkan dengan lomba Galileo Galilei yang diikuti oleh pelajar SMP se-Kota Semarang. Thio menyebutkan, lomba itu diikuti sebanyak 45 peserta. Lomba tersebut, kata dia, merupakan serangkaian promosi sekolah dalam proses Penerimaan Peserta Didik (PPD) tahun pelajaran 2016/2017. “Khususnya dalam menjaring para calon siswa yang berprestasi di bidang akademik,” katanya. (arf)

You might also like

Comments are closed.