Puluhan Napi Kedungpane Adu Cepat Taklukkan Batang Pinang

Lomba panjat pinang menjadi hiburan warga binaan Lapas Kedungpane, Selasa (18/8). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Lomba panjat pinang menjadi hiburan warga binaan Lapas Kedungpane, Selasa (18/8). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

SEMARANG – Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane, Selasa (18/8) terlihat lebih heboh dibanding hari biasanya. Ribuan warga binaan larut dalam kegembiraan perayaan HUT ke-70 RI dengan mengikuti serangkaian perlombaan yang diadakan dalam tradisi tujuh belasan di lapas klas 1 tersebut.

Salah satu spot yang paling banyak menarik perhatian adalah panjat pinang. Perlombaan adu cepat memanjat batang pohon pinang untuk memerebutkan puluhan hadiah yang digantung di atasnya itu benar-benar membuat mereka bisa sejenak melupakan status sebagai seorang narapidana atau tahanan.

Ahmad Syarif (30), salah seorang warga binaan, menjadi bintang panjat pinang. Bersama tim yang diberi nama Padepokan Bima, ia dan keempat rekannya bahu membahu menuju puncak batang pohon.

Perlombaan panjat pinang tersebut diikuti empat tim yang masing-masing terdiri dari lima warga binaan. “Ayo Kong, terus naik, semangat,” teriak ratusan warga binaan memberi semangat buat Kingkong cs.

Akhirnya, saat memasuki  2 menit terakhir sebelum 10 menit batas waktu yang diberikan panitia perlombaan, Kingkong berhasil meraih puncak dan menurunkan berbagai hadiah seperti sepatu, sandal, peralatan mandi, pakaian, dan peralatan kebersihan. Termasuk uang tunai Rp 500 ribu.

“Senang rasanya bisa naik ke atas mengambil hadiah. Ini berkat dukungan teman-teman,” kata Kingkong yang merupakan tahanan Pidana Umum (Pidum) tersebut.

Selain panjat pinang, berbagai perlombaan juga digelar untuk memperingati hari kemerdekaan. Di antaranya lomba tenis meja, lomba balap karung hingga perlombaan cerdas cermat. Hadiah utamanya cukup menggiurkan, yakni seekor kambing untuk kelompok yang berhasil menjadi juara umum.

“Semoga ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga binaan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia. Ini juga bagian dalam pembinaan,” kata Kalapas Kedungpane Semarang, Tedja Sukman di sela-sela perlombaan. (yas)

You might also like

Comments are closed.