Puluhan Tahun Mangkrak, Banjardowo Diubah jadi Pasar Satwa

METROSEMARANG.COM – Dinas Perdagangan Kota Semarang mengambil kebijakan mengubah Pasar Banjardowo di Kecamatan Genuk menjadi Pasar Satwa Banjardowo. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan pasar tradisional tersebut setelah puluhan tahun mangkrak.

Fajar Purwoto saat mengunjungi Pasar Banjardowo. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pengubahan nama itu telah dilakukan pada Minggu (23/4) lalu. Bersamaan dengan pengukuhan pengurus Paguyuban Pedagangan dan Jasa Pasar (PPJP) Satwa Banjardowo.

‘’Kami terus melakukan upaya optimalisasi pasar tradisional, dan di Pasar Banjardowo kami lakukan dengan menjadi pasar satwa dan sekaligu pembentukan pengurus paguyubannya,’’ katanya, Senin (24/4).

Ia optimistis, meski sempat mangkrak sejak tahun 2004 Pasar Satwa Banjardowo ini akan berjalan sesuai yang diharapkan. Sebab saat ini minat masyarakat untuk berdagang dan membeli di pasar ini juga sudah cukup tinggi.

Namun, untuk mendorong optimalisasi pasar tersebut, pihaknya tetap memberikan stimulus dengan membebaskan retribusi kepada pedagang selama 2 bulan. Sebelumnya juga telah memindahkan pedagang ayam Bangkok di Jalan Sendowo Kawasan Kota Lama Semarang ke Pasar Satwa Banjardowo ini.

‘’Termasuk kami masih berusaha memindahkan PKL yang ada di luar pasar agar mau masuk ke dalam pasar,’’ ujarnya.

Terkait isu Pasar Satwa Banjardowo menjadi tempat judi sabung ayam, Fajar Purwoto memastikan hal itu tidak pernah terjadi. Sebab adu ayam yang kadang terjadi hanya sebagai upaya uji coba pedagang untuk mengetahui kualitas ayam yang dijual atau akan dibeli.

Salah seorang pedagang ayam di Pasar Satwa Banjardowo, Agus Sriyono membenarkan, bahwa adu ayam yang dilakukan hanya sebagai sarana promosi ke pembeli, untuk mengetahui kualitas ayam yang dijual.

‘’Saya mengapresiasi keseriusan pemerintah kota yang berupaya membuat ramai lagi Pasar Banjardowo yang sudah lama mati suri,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.