Puncak Hari Santri, 12 Ribu Santri Gelar Kirab di Simpang Lima

METROSEMARANG.COM – Sedikitnya 12 ribu santri yang datang dari seluruh penjuru Jawa Tengah menggelar kirab untuk menyemarakkan perayaan Hari Santri di Semarang. Dimulai dari Simpang Lima, ribuan santri itu berjalan kaki (long march) menyusuri Jalan Pahlawan menuju sejumlah titik di pusat kota, pada Minggu (22/10).

Dalam hajatan akbar para santri juga diikuti seluruh tokoh Nahdliyin, termasuk Ketua PCNU Semarang KH Anasom, Ketua PWNU Jateng Abu Hafsin, perwakilan Forum Komumikasi Mahasiswa Islam (Fokmi) Universitas Semarang (USM) dan didukung semua pejabat dan elemen masyarakat setempat.

“Puncak Hari Santri kita mulai hari ini di Semarang. Rangkaian acaranya mulai dari ziarah ke makam Kyai Soleh Darat di TPU Bergota, tahlilan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal dan saat ini kita sedang ikut kirab bersama ribuan santri,” ungkap Syaiful Hadi, Penasehat Fokmi USM kepada metrosemarang.com.

Agar kegiatan itu kian semarak, pihaknya juga menggelar acara bagi-bagi buku bagi para penonton kirab Hari Santri. Ada 40 anggota Fokmi yang membagikan 70 buku di Simpang Lima.

Sebagai santri, ia mengatakan harus bisa menjiwai dan berdedikasi tinggi mengingat santri dikenal militan, taqwa dengan para kyainya.

“Kalau dulu berjuang merebut kemerdekaan, sekarang perjuangan santri bisa jadi tokoh figur dan pejabat yang korupsi. Ini yang membedakan kita dengan lulusan kampus lainnya,” bebernya. (far)

You might also like

Comments are closed.