Puncak Long Weekend, Penumpang Kereta Melesat 30 Persen

METROSEMARANG.COM – Memasuki puncak liburan panjang pada hari ini, Minggu (8/5), jumlah penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang melesat hingga mencapai 30 persen dari kondisi semula.

Berdasarkan data Stasiun Tawang dapat dipastikan 35 kereta jarak jauh yang berangkat hari ini telah terisi penuh.

Lonjakan penumpang di Stasiun Semarang Tawang, Minggu (8/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Lonjakan penumpang di Stasiun Semarang Tawang, Minggu (8/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Stasiun Semarang Tawang Rohman menyebutkan, terdapat lima kereta yang berangkat ke Jakarta hari ini. Tiap kereta mengangkut 450 orang. Kereta jurusan Semarang-Jakarta berangkat paling awal pukul 06.00 WIB pagi tadi.

Lalu, ia menyatakan bahwa kereta jarak jauh lainnya jurusan ke Surabaya kini juga sudah penuh. Tiap kereta membawa 720 orang dan jadwal perjalanannya mulai pukul 08.00 WIB pagi.

Untuk keberangkatan sore ini,kereta Argo Muria berangkat pukul 16.00 WIB. Ia punya kapasitas maksinal 400 penumpang. Malam harinya, masih ada kereta ekonomi Menoreh jurusan Semarang-Pasar Senen yang mengangkut penumpang mencapai 720 orang.

Diluar itu, masih ditambah kereta Argo Muria dengan ketersediaan gerbong tambahan dengan daya angkut 50 orang sehingga kereta eksekutif itu khusus hari ini mengangkut 450 orang.

“Semua kereta yang berangkat hari ini full site karena jumlah penumpangnya sudah 100 persen dibanding hari reguler hanya 70 persen. Ini artinya ada kenaikan 30 persen dari kondisi semula,” ungkapnya kepada metrosemarang.com.

Untuk mengantisipasi antrean panjang di loket stasiun, ia mengaku turun sendiri untuk mengoptimalkan petugas-petugas yang ada di tiap loket. “Antreannya kita buat tertib. Apalagi, kita juga jual tiket 90 hari sebelum keberangkatan,” kata Rohman.

“Untuk kereta tambahan hanya dijalankan hari ini saja. Pada puncak long weekend kami menambah gerbong Argo Sindoro dan Menoreh dari delapan jadi sembilan gerbong sejak 4 Mei sampai hari ini,” sambungnya.

Selain kereta jarak jauh, ia pun memantau okupansi 10 kereta lokal yang tetap melayani berbagai jurusan di Jawa Tengah. Kesepuluh kereta tersebut mulai Kedungsepur (Semarang-Purwodadi PP), Blora Jaya (Semarang-Blora PP), Cepu Ekspres (Cepu-Semarang PP) dan Kamandaka (Semarang-Purwokerto PP).

“Jadwal keberangkatan paling ramai sore nanti. Tapi semua jurusan juga sudah terisi penuh,” jelasnya.

Ia menambahkan pengamanan di stasiun tetap mengoptimalkan jumlah petugas yang ada serta meningkatkan partisipasi koordinasi antar lini personel pengamanan. (far)

You might also like

Comments are closed.