Hanya Punya 35 Komputer, SMA 2 Dapat Pinjaman Laptop dari Wali Murid

METROSEMARANG.COM – SMA Negeri 2 Semarang harus meminjam laptop orangtua murid untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Perangkat komputer jinjing itu sudah dikirim sejak beberapa hari lalu dan akan tetap berada di sekolah sampai pelaksanaan ujian.

Pelaksanaan simulasi UNBK di SMA 2 Semarang. Pada tahun ini, SMA 2 mendapat pinjaman laptop dari orangtua siswa. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

SMA 2 Semarang memiliki 520 siswa kelas XII yang akan mengikuti UNBK. Tetapi jumlah siswa tersebut tidak didukung dengan fasilitas komputer yang memadai. Pasalnya sekolah yang terletak di Jalan Sendangguwo Baru 1 No 1, Gemah Pedurungan Semarang ini hanya memiliki 35 unit komputer saja.

Namun demikian, Wagino Sunarto, Kepala SMA 2 menuturkan jika pihak sekolah telah mengomunikasikan hal tersebut kepada orangtua murid. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan jika orangtua siswa akan meminjami sekolah perangkat komputer jinjing atau laptop.

“Kami komunikasikan dengan wakil orangtua dan hasilnya mereka bersedia meminjami laptop,” beber Wagino kepada metrosemarang.com di sela-sela pelaksanaan Simulasi UNBK di sekolah setempat, Selasa (21/2).

Berkat pinjaman laptop tersebut saat ini SMA 2 telah memiliki 190 perangkat komputer dan laptop. Meski begitu perangkat komputer yang digunakan hanya 173, sedang 17 unit lainnya akan dijadikan cadangan.

Pihak sekolah juga tetap menyeleksi laptop pinjaman tersebut. Selain itu, pemakaian laptop dilakukan secara acak. “Sekitar dua bulan laptopnya dipinjamkan, dan tidak mesti anak-anak makai laptop dari orangtuanya, kan tidak semua orangtua minjami juga,” imbuhnya.

Wagino mengatakan, pihaknya telah memiliki 6 unit server utama dengan 1 server cadangan. Hal tersebut membuatnya optimistis akan sukses dalam melaksanakan UNBK yang baru kali pertama dilaksanakan di sekolahnya.

Ia juga menambahkan jika ada dua SMP yang akan menginduk pada SMA 2 dalam pelaksanaan UNBK yaitu SMP 34 dan SMP 15. Namun kedua sekolah tersebut hanya akan meminjam tempat, server, dan perangkat tambahan seperti mouse dan headset. “(laptop) Tidak kami pinjamkan, karena kami juga dipinjami oleh orangtua untuk ujian anak mereka di SMA 2,” tambahnya.

Dia berharap pelaksanaan UNBK SMA 2 yang akan dilalukan dengan tiga sesi ini dapat berjalan lancar. Pihak sekolah telah menyiapkan 6 ruangan dengan kapasitas tiap ruangan sekitar 30 siswa. (vit)

You might also like

Comments are closed.