Pura-pura Beri Tumpangan, Ternyata Perampok

METROSEMARANG.COM – Dua tersangka perampasan yang diringkus oleh Tim Resmob Polrestabes Semarang menyasar korban wanita berusia di atas 50 tahun. Kedua tersangka yakni Erwin (40) dan Amir (39) awalnya memberi tumpangan kepada korban, sebelum akhirnya merampas barang-barang berharga.

Dua pelaku perampokan yang mengincar korban berusia lanjut. Foto: metrosemarang.com/efendi

Dari pengakuan Erwin, mereka memang menyasar korban lanjut usia agar mudah dikelabuhi. Dalam mencari korban, mereka berkeliling secara acak di tempat-tempat umum.

“Ya saya manggil korban, tak tanyain mau kemana bu, terus tak suruh masuk mobil. Pokoknya dirayu sampai dia mau terus di dalam mobil kami minta barang-barang berharga yang dibawa,” ujar Erwin saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Kamis (5/4).

Tak hanya meminta barang berharga milik korban, Erwin juga sempat memukul korban. “Iya saya yang menganiaya, karena dia (korban) nggak ngasih barangnya ke kami, dipukulin sampai korban ngasih,” imbuh Erwin.

Selain itu, kedua tersangka tersebut ternyata tidak hanya melancarkan aksi di Kota Semarang saja. Mereka telah melakukan tindak kejahatan tersebut di beberapa kota lain di Jawa Tengah bahkan sampai ke Yogyakarta.

“Di semarang dua kali, Yogyakarta sekali, di Magelang dua kali, di Solo sekali, sama di Klaten sekali. Barang-barangnya biasa kami jual di Ambarawa, paling banyak pas di semarang kemarin total Rp 13 juta. Kalau yang pas di Magelang hanya dapat uang Rp 150 ribu,” kata Erwin.

Mereka sengaja memilih Pulau Jawa sebagai tempat melancarkan tindak kejahatan lantaran tidak banyak yang mengenalinya. Mereka sengaja menyewa mobil rental dari Serang Banten.

“Soalnya kalau mau kayak gini (melakukan kejahatan) di Lampung sana banyak yang kenal, jadinya kami ke Jawa. Kami baru dua bulan melakukan ini,” beber Erwin.

“Tersangka Ewin ini memang residivis, ia pernah ditahan di kepolisian akibat kasus perkelahian beberpa tahun lalu,” tambah Wakapolrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi.

Kedua tersangka tersangka terakhir kali  melancarkan aksi pada 15 Maret 2018 lalu. Saat itu mereka merampas barang beharga milik korban bernama Susi Kadarwati (69), warga Jalan Gaharu Utara Dalam, Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang.

Mereka akhirnya dibekuk Tim Resmob Polrestabes di sebuah hotel di kawasan Bandungan Kabupaten Semarang pada akhir Maret silam. (fen)

You might also like

Comments are closed.