Putusan Bebas Korupsi Kendal Dieksaminasi di Unnes

Majelis Eksaminasi Kasus Pembangunan SMK Brangsong dan Stadion Bahurekso Kendal di Unnes (foto: Metro)
Majelis Eksaminasi Kasus Pembangunan SMK Brangsong dan Stadion Bahurekso Kendal di Unnes (foto: Metro)

Putusan Pengadilan Negeri Tipikor Semarang tahun 2012 yang membebaskan terdakwa korupsi di Kabupaten Kendal dieksaminasi di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kasus yang dieksaminasi adalah korupsi Korupsi Pembangunan SMK Brangsong dan Stadion Bahurekso Kendal. Kasus itu menyeret nama mantan Bupati Kendal, Hendy Boedoro dan mantan Kepala DPKAD Kendal, Warsa Susilo, namun membebaskan mantan Kepala Wilayah V PT. Hutama Karya Jateng DIY, Heru Djatmiko.

Eksaminasi dimaksudkan untuk memberi rekomendasi kepada pengadilan, kejaksaan dan penegak hukum lain untuk kembali membuka kasus tersebut. Majelis eksaminasinya adalah dosen Fakultas Hukum Unnes, Ali Masyhar Mursyid, pegiat LBH Semarang, Andyono, dan pegiat Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme, Eko Haryanto.

Dari eksaminasi disimpulkan bahwa bebasnya Heru Djatmiko sudah didesain sejak awal. Terbukti dari dakwaan jaksa yang lemah, serta tuntutan yang hanya satu tahun penjara yang didasarkan pada dakwaan alternatif kedua. “Dakwaannya sangat sederhana, padahal ini kasus korupsi yang notabene adalah kejahatan luar biasa,” kata Ali Masyhar. (MS-06)

 

You might also like

Comments are closed.