Raih Adipura, Dewan Ingatkan Pemkot Masih Punya Banyak Masalah

METROSEMARANG.COM – Diraihnya Piala Adipura oleh Pemerintah Kota Semarang enam kali berturut-turut mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang. Namun dewan menilai dibalik keberhasilan itu masih banyak persoalan yang harus dibenahi dan diselesaikan.

Pengerukan sampah yang menyumbat saluran di Jalan Dr Cipto. Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih rendah. Foto: metrosemarang.com/dok

”Selamat atas diterimanya Adipura enam kali untuk Kota Semarang, dan terima kasih kepada wali kota dan wakil wali kota sehingga mampu dan sukses dalam memimpin pemerintahan serta warga Kota Semarang,” kata Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, Jumat (4/8).

Supriyadi menyebutkan, penghargaan tersebut tentunya tidak dapat diraih tanpa dukungan semua pihak. Namun di balik penghargaan tersebut, dia menilai masih banyak persoalan infrastruktur yang harus dibenahi oleh Pemerintahan Wali Kota Hendrar Prihadi dan wakilnya, Hevearita G Rahayu.

Persoalan infrastruktur tersebut, termasuk di antaranya masih banyaknya genangan rob di wilayah sebagian Semarang Timur, Gayamsari, dan Genuk. ”Walaupun memang masih dilaksanakan normalisasi beberapa sungai di antaranya BKT (Banjir Kanal Timur), Kali Tenggang, Banger, Babon, dan sebagainya,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Selain persoalan infrastruktur tersebut, Supriyadi menyebutkan persoalan kesadaran masyarakat membuang sampah di sembarang tempat. Pemerintah Kota Semarang harus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di saluran-saluran dan sungai serta tempat larangan. ”Di beberapa tempat terbukti sampah menumpuk terlihat sekali,” tegasnya.

Di samping kesadaran masyarakat, lanjutnya, peraturan daerah tentang larangan membuang sampah sembarangan juga harus diterapkan secara tegas. Sehingga masyarakat akan jera. (duh)

You might also like

Comments are closed.