Ramaikan Pilgub Jateng, KPU Segera Resmikan Maskot Semar

METROSEMARANG.COM – Untuk menyemarakan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera meresmikan maskot Semar sebagai ikon pesta demokrasi empat tahunan tersebut.

KPU dan Bawaslu Jateng usai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilgub 2018. Foto: twitter @KPU_Jateng

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan peresmian maskot Semar nantinya berbarengan dengan pemaparan semua program kegiatan Pilgub, jingle serta ungkap data pendanaan untuk pelaksanaan Pilgub.

“Tanggal 29 Agustus nanti kami akan melaunching semua program sampai maskot Semar di Lawang Sewu dengan harapan apa yang kami lakukan dapat selaras dengan kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah,” kata Joko, Minggu pagi (30/7).

Semar merupakan tokoh pewayangan yang berbudi luhur. Sehingga menurutnya tokoh yang punya nama lain Ki Lurah Bodronoyo mampu menggambarkan filosofi sebagai seorang pemimpin atau pengarep dengan simbol kepemimpinan yang menjelmakan utusan Tuhan.

“Maskot Semar akan kami resmikan tepat saat HUT Jateng,” ungkapnya.

Diluar itu, pihaknya juga akan memaparkan pagu anggaran Pilgub Jateng yang mencapai Rp 992 Miliar. Ia merinci anggaran Pilgub akan dicairkan tiga kali.

Di tahun ini, total pencairan dananya sebesar Rp 433 Miliar dengan perhitungan pencairan pertama sebesar Rp 250 Miliar, kemudian pencairan setelah pengesahan APBD lalu pencairan di bulan Oktober Rp 180 Miliar.

“Sisanya akan dicairkan lagi tahun depan setelah 25 Januari. Dananya memang sangat besar dan mayoritas akan dipakai untuk pembiayaan badan ad-hoc,” kata Joko.

Ia menambahkan saat ini mulai mengebut berbagai persiapan untuk melaksanakan Pilgub Jateng. Pada awal November nanti akan membuka pendafataran parpol.

Untuk Oktober baru dilakukan verifikasi keabsahan parpol. Selanjutnya dilakukan penetapan pada Maret 2018. “Ditengah kegiatan itu, kita juga membuka pendaftaran calon pada awal Januari serta September dilakukan pemutahiran data pemilih,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.