Ratno: Detil Urusan Pembukuan

image
Ratno, detil untuk urusan pembukuan. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

MENGADOPSI sistem dari Amerika yang terkenal detil, Ratno cukup berhasil menjalankan peran sebagai menjadi supervisor. Bertahun-tahun menjadi supervisor sebuah restoran, membuat pengalaman administrasinya semakin matang.

Bagi pria 39 tahun tersebut, hal detil memang harus selalu diperhatikan. “Contoh kecil saja sedotan. Jika di Indonesia, terkadang hal kecil ini tidak diperhatikan dalam pembukuan. Tapi bagi saya, itu sangat penting,” terang dia.

Karena ketekunannya itu, di lingkungan tempat dia tinggal, Ratno dipercaya sebagai pengurus administrasi tingkat RT. “Mungkin mereka sudah akrab mendengar bahwa saya adalah orang yang setiap harinya mengurusi administrasi secara detil,” kata dia mengira-ira.

Sekarang, dia sedang mengembangkan cara bagaimana anak muda di Semarang menggemari masakan Tradisional. “Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih menyukai masakan dari luar. Padahal, masakan tradisional Indonesia juga merupakan warisan budaya dan lebih kaya rasa,” kata pria yang bekerja di Restoran Pawon Ngebul tersebut. (ade)

You might also like

Comments are closed.