Ratusan Korban Longsor Banjarnegara Diungsikan ke SD

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 281 warga yang tersebar di 24 titik wilayah Banjarnegara kini terpaksa diungsikan ke aula SD negeri setempat dan gedung TK Harapan Kita.

Koordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Jateng, Andre Sulistyo menyatakan mereka yang mengungsi adalah korban bencana longsor yang melanda sebagian wilayah Banjarnegara sejak kemarin.

longsor banjarnegara

“Kami ungsikan mereka ke SD dan TK dulu untuk mengantisipasi bencana susulan yang berpotensi terjadi kembali di Banjarnegara,” ungkap Andre saat dikonfirmasi metrosemarang.com, Minggu (27/3).

Andre memastikan para pengungsi kini telah mendapat persediaan logistik dan bahan makanan yang mencukupi hingga dua minggu ke depan. “Bahan pokok dan kebutuhan lainnya cukup buat dua minggu,” kata Andre lagi.

Lebih lanjut, Andre menerangkan relawan saat ini sedang mengupayakan pembuatan jalur darurat agar dapat dilalui warga yang terena imbas tanah longsor. Akses jalan itu diharapkan mampu dilewati anak sekolah mulai Minggu besok sehingga mereka pada Senin bisa kembali bersekolah.

“Karena akibat longsoran kemarin sejumlah pelajar SMP, SD dan TK hari ini harus diliburkan dulu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Jateng Sarwa Pramana menjelaskan petugasnya telah mendirikan dua dapur umum bagi pengungsi bencana longsor di Banjarnegara. “Dua dapur sudah dipakai pengungsi untuk mencukupi kebutuhan makannya tiap hari,” urainya.

Meski begitu, Sarwa menambahkan petugasnya masih kesulitan menyingkirkan material longsoran yang membenamkan sebagian rumah-rumah warga. Musababnya, hujan masih mengguyur lokasi bencana serta kontur tanah yang terus bergerak membuat relawan dan petugasnya was-was saat melakukan pembersihan material longsor.

“Makanya besok kita panggil badan geologi ke lokasi bencana untuk mengkaji ulang apakah material longsor itu perlu diangkat atau dibenamkan sekalian. Karena dengan kondisi tanah yang terus bergerak justru membahayakan keselamatan relawan yang bertugas di lokasi kejadian,” ujarnya.

Sarwa berharap bencana longsor di Banjarnegara kembali mereda sehingga warga dapat beraktivitas dengan normal. (far)

You might also like

Comments are closed.