Ratusan Liter Miras Oplosan Diamankan dari 8 Lokasi di Semarang

METROSEMARANG.COM – Ratusan liter minuman keras (miras) oplosan disita Satuan Reserse Narkotika dan Obat Berbahaya Polrestabes Semarang dalam operasi penyakit masyarakat yang digelar serentak dalam beberapa hari terakhir. Polisi juga mengamankan delapan orang penjual minuman dari sejumlah lokasi.

Foto: metrosemarang.com

Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji mengatakan, total 733,5 liter miras yang berhasil disita. Sebagian besar sudah dikemas dalam beberapa ukuran dan siap untuk diedarkan. “Miras tersebut mereka beli dari daerah Semanggi, dekat Pasar Kliwon Solo,” kata dia saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Jumat (20/1).

Mereka yang diamankan adalah Suratmi (61), warga Semarang Utara, Jasmani (57) warga Pedurungan. Lalu, Andri W (32), warga Semarang Barat, Joko Santosa (26), warga Genuk, Bekan (29), warga Semarang Tengah, Sunarmi (54), warga Semarang Utara, Karsini (42), warga Pedurungan, Jumaini (41), warga Genuk.

Dikatakan Abiyoso, miras opolosan tersebut dibeli Rp 8.700 dan kemudian dijual kembali di Semarang seharga Rp 10 ribu untuk satu liter. “Konsumennya dari kalangan kelas menengah ke bawah hingga pelajar. Ini sangat membahayakan, dan bias memicu untuk berbuat tindak tindak kejahatan,” imbuhnya.

Sementara, Kasat Reserse Narkotika dan Obat Berbahaya Polrestabes Semarang AKBP Sidiq Hanafi menambahkan, dari pengakuan salah satu penjual, miras tersebut ada yang dioplos komposisinya terdiri atas alkohol murni yang kemudian dicampur dengan kunyit atau jamu tradisional yang sudah dalam bentuk kemasan.

“Delapan penjualnya kami amankan untuk diperiksa lebih lanjut,” tegasnya. (MS-02)

You might also like

Comments are closed.