Ratusan Mahasiswa Ikuti Seleksi Olimpiade Nasional MIPA

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 319 mahasiswa dari 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Jateng mengikuti seleksi tingkat wilayah untuk ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) di kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Jalan Sidodadi, Rabu (22/3).

Seleksi Olimpiade MIPA di UPGRIS

Mereka akan bersaing dalam empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Dalam tahap awal seleksi wilayah ini, tiap Perguruan Tinggi (PT) mengirimkan beberapa mahasiswa terbaik dari masing-masing bidang  dan akan diseleksi hingga menghasilkan masing-masing 1 mahasiswa terbaik di tiap bidang.

”Mahasiswa hasil seleksi selama dua hari ini akan mewakili Jateng ke tingkat nasional,” ungkap  Koordinator Kopertis Wilayah VI Prof DYP Sugiharto usai acara pembukaan.

Dalam ajang tingkat nasional yang akan digelar bulan depan tersebut, wakil Jateng tidak mematok target khusus perolehan medali. Akan tetapi, Sugiharto berharap minimal bisa membawa pulang 1 medali di salah satu bidang yang dipertandingkan.

”Persaingan tingkat nasional tidak mudah, jadi kami realistis saja. Namun demikian, kami tetap memberikan dukungan kepada mahasiswa wakil Jateng untuk tetap semangat,” ujarnya.

Menurut dia, perolehan medali bukan target utama, tetapi dalam ajang tersebut mahasiswa diharapkan dapat belajar menghargai proses. Apalagi, perjalanan untuk lolos ke tingkat nasional juga tidak mudah dan harus melalui berbagai tahap.

”Jadi, mahasiswa jangan terpaku hanya untuk menang, tetapi bagaimana tetap bersemangat untuk menjalani prosesnya,” ungkap dia.

Dikatakannya, dengan dibukanya keran Asean Economic Community (MEA), maka persaingan antarnegara semakin ketat dalam penguasaan Iptek yang mampu bertahan dalam kompetisi. Untuk memenuhi standar saing sumber daya manusia yang unggul, salah satu bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakatnya adalah ilmu-ilmu dasar dan Matematika.

”Ajang lomba tersebut juga sebagai salah satu wujud mempersiapkan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika, yang bermuara kepada peningkatan kualitas mahasiswa untuk mendorong daya saing bangsa,” imbuhnya.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan menjadi tempat pelaksanaan seleksi wilayah ON MIPA-PT untuk yang kesekian kalinya. Ia juga berharap peserta seleksi wilayah ON MIPA-PT tahun ini bisa mencatat prestasi lebih baik.

”Tentu kami juga berharap ada perwakilan yang lolos di tingkat nasional sehingga bisa menjadi pemacu semangat belajar bagi peserta lain yang belum lolos dan pada akhirnya dari tahun ke tahun akan meningkat,” tandasnya. (vit)

You might also like

Comments are closed.