Ratusan Offroader Siap Meriahkan “Jateng Gayeng Offroad 2016”

METROSEMARANG.COM – Ratusan offroader siap memeriahkan “Jateng Gayeng Adventure Offroad 2016” yang kali pertama digelar di Ibu Kota Jawa Tengah mulai besok, Sabtu-Minggu (19-20/3). Sebelum memulai start, mobil-mobil peserta terlebih dahulu dilakukan pengecekan kelayakan kendaraan atau scrute, Jumat (18/3) di Museum Mandala Bhakti Tugu Muda Semarang.

Panitia kegiatan, Supriyanto mengungkapkan, hari ini dilakukan pengecekan kelayakan mobil peserta kategori spesial competition stage (SCS). Pengecekan tidak dilakukan sembarangan, karena mengacu pada regulasi Indonesia Offroad Federation (IOF). Di antaranya, kelayakan jeep, kelengkapan, safety, keamanan, sabuk pengaman, rangka besi, wien catrol, roda, serta perangkat lain seperti rem.

Pengecekan mobil peserta kategori SCS Jateng Gayeng Offroad di Museum Mandala Bhakti, Jumat (18/3). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Pengecekan mobil peserta kategori SCS Jateng Gayeng Offroad di Museum Mandala Bhakti, Jumat (18/3). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

“Layak dan tidaknya kita cek di sini, kalau tidak masuk kategori IOF maka tidak akan diperbolehkan mengikuti offroad,” kata Mazz Prie sapaan akrabnya kepada metrosemarang.com.

Untuk kateori kelas, Mazz Prie menyampaikan ada tiga kategori yakni kelas 1000 cc karburator, 1000 cc FFA, dan Free For All atau kelas bebas di atas 1000 cc. Jumlah peserta keseluruhan ditargetkan 200 kontestan. Terbagi menjadi dua bagian, yakni 50 peserta SCS, dan 150 peserta Country Road (CR).

“Peserta sangat antusias, hal ini karena Semarang menjadi baromater kegiatan offroad yang ada di Jateng. Panitia memberikan kegiatan yang bagus, karena tidak semua kegiatan offroad belum tentu ada SCS-nya,” katanya.

Ia menambahkan, peserta tidak hanya berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah seperti Magelang, Solo, Kudus, Jepara, Pati, Sala tiga, Boyolali, dan Kendal. Ada juga peserta dari luar pulau Jawa yang jauh-jauh mengikuti ajang tersebut. “Ada yang dari Banjarmasin tiga mobil, dia memang penggila offroad,” pungkasnya.

Start kategori SCS bakal berlangsung di Bukit Silayur Ngaliyan. Adapun proses scrute kategori CR dilaksanakan di Museum Mandala Bhakti, Sabtu (19/3) pukul 09.00-14.00 dan start pukul 15.00 di lokasi yang sama. (din)

 

You might also like

Comments are closed.