Ratusan Pianis Muda Ramaikan Kompetisi Piano Pelajar 2017

METROSEMARANG.COM – Opus Nusantara kembali gelar Kompetisi Piano Pelajar (KPP) II Piala Gubernur Jawa Tengah. Masih menggandeng komunitas Pearl River dan House of Piano, KPP II akan digelar dua hari mulai Sabtu (25/2) hingga Minggu (26/2) di Ballroom Quest Hotel Semarang.

Eleonora memberi pemaparan tentang Kompetisi Piano Pelajar (KPP) II Piala Gubernur Jawa Tengah, Jumat (24/2). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Opus Nusantara sendiri merupakan komunitas yang memang fokus pada gelaran kompetisi musik klasik ini sebelumnya telah menggelar KPP I. “Kesuksesan gelaran pertama memotivasi kami untuk terus mencari dan melahirkan pianis muda berbakat lainnya,” beber Eleonora Aprilita, Creative Director Opus Nusantara, saat jumpa pers di ruang Topaz, Quest Hotel Jumat (24/2).

Gelaran tahun ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jateng. Sementara peserta terdiri dari beberapa kategori usia mulai 5 sampai 18 tahun.

“Karena kita kompetisi pelajar dari TK sampai SMA. Jadi peserta mewakili nama sekolah mereka,” imbuhnya.

Tak hanya dari Semarang saja, peserta juga berasal dari kota besar lain seperti Jakarta, Pekanbaru, Bali, Bandung, Bogor Jogjakarta, Solo, Purwokerto, Magelang Salatiga, Semarang, dan Kudus. Lebih dari 200 kontestan sudah memastikan ambil bagian dalam gelaran ini.

Ada tiga juri yang diklaim mumpuni di bidangnya untuk menilai penampilan para peserta. Ketiga juri tersebut yaitu Siswanto Tri Utomo, Ines Maer, dan Nathania Mihardjo.
Ines Maer yang juga hadir dalam jumpa pers menuturkan ada beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian dari juri. Mulai dari teknik bermain, ekspresi peserta saat tampil, penghayatan, performance, penguasaan panggu, hingga tingkat kesulitan lagu.

KPP II selain untuk mencari bakat-bakat baru pianis muda, juga untuk mengenalkan Kota Semarang sebagai kota yang menghargai musik klasik, mengingat Opus Nusantara memang berkantor di Semarang.

“Kami harap dengan kompetisi ini bisa melahirkan pianis-pianis berbakat baik di kancah nasional maupun internasional,” tutup Nora. (vit)

 

You might also like

Comments are closed.