Ratusan Polisi Jaga Ketat Tahbisan Uskup Agung Semarang

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 286 personel gabungan dari tiga unit Polda Jateng dan Polrestabes Semarang akan memperketat penjagaan saat acara tahbisan Monsinyur Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang yang digelar di Akpol, Jumat (19/5).

Jumpa pers persiapan tahbisan Uskup Agung Semarang, Jumat (12/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Aparat gabungan yang dikerahkan berasal dari unit Sabara, Ditpropam, Sat Brimob. AKBP Iga DP Nugraha, Kabagops Polrestabes Semarang menyatakan kesiapsiagaan pasukannya untuk mengamankan pelaksanaan tahbisan.

Pihaknya juga akan membangun dua posko taktis di depan Gereja Katedral dan Akpol guna mencegah gangguan keamanan yang terjadi saat tahbisan berlangsung.

“Ada 286 personel yang disiapkan mengamankan tahbisan Uskup Agung Semarang,” katanya kepada metrosemarang.com, Jumat (12/5).

Ia menegaskan tiap Brimob bakal disiagakan di sudut-sudut pintu masuk Akpol. Tak cuma itu saja, katanya. Ia juga menempatkan personelnya untuk mobile 24 jam nonstop sejak tanggal 18 Mei.

Penebalan penjagaan dimaksudkan pula untuk mengurai arus lalu lintas di Jalan Sultan Agung yang jadi akses utama pelaksanaan tahbisan Uskup Agung Semarang.

Kepala Seksi Pengamanan Tahbisan dari unsur Polda Jateng, Kombes Pol Liliek Darmanto, memperkirakan lapangan Akpol nantinya dipadati umat  Katolik yang datang di seluruh Jateng dan Yogyakarta untuk menyaksikan dari dekat tahbisan uskup agung.

“Mulai pukul 09.00 WIB umat Katolik seluruh daerah. Semua umat akan memadati Jalan Sultan Agung. Makanya, kami minta pelaksanaannya agar berjalan tertib dan lancar,” ujar Liliek.

Prosesi ekaristi tahbisan episkopal atau tahbisan Uskup Agung Semarang, menurut Romo Sukendar, Vikaris Episkopalis Gereja Katedral Semarang nantinya dihadiri 30 ribu umat Katolik.

Acaranya akan dimulai di Katedral Semarang. Romo Julius Dharmoadmojo didampuk memimpim ibadah Salve Agung di Katedral. Kemudian dilanjutkan ibadah pemberkatan tongkat gembala, salib dada serta pensucian uskup agung.

Romo Rubi sebagai uskup terpilih akan menyampaikan sambutannya di depan perwakilan pastoral agung dari Roma Italia yang turut hadir.

“Dengan menyatakan syahadat panjang dan penyampaian aneka tugas yang dipercaya kepada uskup, maka prosesinya bisa dimulai,” tutur Romo Kendar. (far)

You might also like

Comments are closed.