Ratusan Sachet Makanan Kadaluarsa Ditemukan di Pasar Peterongan

METROSEMARANG.COM – Produk kedaluarsa tidak layak konsumsi kembali ditemukan oleh Dinas Perdagangan saat melakukan pengawasan produk pangan jelang datangnya bulan puasa. Kali ini petugas menemukan dan menyita ratusan saset produk makanan dari lima kios di Pasar Peterongan.

Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto menunjukkan hasil sitaan di Pasar Peterongan, Selasa (9/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto menyebutkan, pengawasan tersebut dilakukan salah satunya dalam rangka melindungi konsumen, khususnya konsumen pasar tradisional.

”Pasar Peterongan ini ada 1.650 pedagang, kami cek dengan keseluruhan temen-temen kami sebar secara sampling, dan ditemukan ada lima kios yang menjual barang-barang yang kadaluarsa,” kata Fajar yang memimpin pengawasan produk pangan di Pasar Peterongan, Selasa (9/5).

Keberadaan barang kadaluarsa di pasaran tersebut, menurutnya, karena ketidaktahuan para pedagang tentang batas waktu digunakannya suatu produk yang tertera di setiap bungkus. Karena pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pangetahuan para pedagang tentang produk kadaluarsa.

”Karena memang ketidaktahuan dia, maka akan kami sosialisasikan terkait dengan tanda kadaluarsa itu di mana,” ujarnya.

Namun para pedagang tetap diminta untuk membuat pernyataan tidak akan mengulangi menjual barang kedaluarsa. Jika nanti kembali menjual barang kedaluarsa maka sanksi tegas akan diberikan berupa pencabutan izin dasaran usaha.

Produk-produk yang ditemukan melebihi batas kadaluarsa tersebut, selanjutnya dibeli langsung untuk disita. Selain produk kadaluarsa, petugas juga menyita makanan yang kedapatan sudah menjamur karena rusaknya kemasan.

“Kami tadi menyita seratus sachet. Ada kemasan susu, ada kemasan bumbu komplit, penyedap. Maka itu kami ambil, kami bayar sesuai harga standar,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.