Ratusan Umat Budha Ikuti Prosesi Waisak di Vihara Buddhagaya Watugong

Umat Budha melakukan prosesi pindapata dalam rangkaian peringatan Waisak di Vihara Buddhaya Watugong, Selasa (2/6). Foto: metrosemarang.com/indra prabawa
Umat Budha mengitari pohon bodhi dalam rangkaian peringatan Waisak di Vihara Buddhagaya Watugong, Selasa (2/6). Foto: metrosemarang.com/indra prabawa

SEMARANG – Ratusan umat Budha memperingati Hari Rata Tri Suci  Waisak 2559/2015 di Vihara Buddhagaya Watugong, Selasa (2/6). Mereka mengadakan prosesi pindapata, dimana para umat saling berbagi dengan memberi makanan dan dilanjutkan dengan mengitari pohon bodhi  dan berjalan menuju ruang Dhammasala.

Di ruangan Dhammasala para umat Budha membacakan doa. Selain itu, mereka juga melakukan meditasi, dan membacakan parita suci yang dipimpin Bhante Khemadhiro.

Halim Wijaya, Ketua Yayasan Watugong Buddhagaya mengatakan, pada peringatan Hari Raya Waisak tahun ini, umat Budha ingin meningkatkan penghayatan budha darma agar bisa mempraktikan ajaran Budha dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, prosesi pindapata ini menjadi kesempatan baik bagi umat Budha untuk melakukan kebajikan. Sedangkan bagi para biksu, prosesi ini menjadi jalan spiritual untuk terus-menerus melatih sikap hidup rendah hati.

Halim menambahkan, lima sila yang diajarkan Sang Budha sangat dibutuhkan dalam kehidupan bangsa dan negara. “Sila yang pertama tidak berbohong, kedua tidak mencuri, ketiga tidak membunuh, keempat tidak melakukan perzinahan dan kelima tidak minum minuman keras. Mudah-mudahan penurunan moral bisa berangsur-angsur berkurang,” tandasnya. (CR-01)

You might also like

Comments are closed.