Ratusan Warga Binaan Ngaji Bareng di Lapas Kedungpane

METROSEMARANG.COM – Suara lantunan ayat-ayat suci Alquran dari ratusan warga binaan menggema di seluruh ruangan Masjid At-Taubah Lapas Kelas I Semarang, Kamis (20/4). Sebanyak 120 peserta warga binaan mengikuti kegiatan bertajuk Warga Binaan Pemasyarakatan Mengaji. Dibagi dalam beberapa kelompok, mereka mampu menyelesaikan sebanyak 30 juz.

Baca Alquran massal di Lapas Kedungpane Semarang, Kamis (20/4). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kegiatan ini digelar oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Seluruh Indonesia dan dilakukan secara serentak dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53. Melibatkan sekitar 50.000 warga binaan di seluruh Indonesia, baca Alquran massal ini juga memecahkan rekor Muri.

Berpakaian islami lengkap dari peci hingga sarung, para warga binaan tampak lancar membacakan ayat-ayat Alquran. Meskipun berwajah garang dengan brewok tebal, mereka khusyuk membaca ayat demi ayat hingga tuntas.

“Tujuannya untuk mengingatkan kembali kepada warga binaan khususnya kepada yang beragama Islam bahwa Alquran itu menjadi panutan di dalam kehidupan ini,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono usai mengikuti rangkaian acara baca Alquran massal.

Ia juga mengatakan, di seluruh Jawa Tengah ini melibatkan peserta sebanyak 4.500 warga binaan. “Dari Nusakambangan sampai ujung Blora sana, jadi semua rutan dan lapas di seluruh Jawa tengah melakukannya secara serentak,” urainya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Ashar Galih mengaku senang mengikuti kegiatan ini. “Ya bisa menambah keimanan Mas, bisa mengubah image kita kedepannya, bisa mengaji, ibadah, juga bisa menambah kedekatan kita dengan yang maha kuasa,” ujar Ashar.

Tak hanya penghuni lapas, pembacaan Alquran massal ini juga diikuti oleh anggota Nusantara Mengaji. Di Lapas Kedungpane ini ada sebanyak 30 orang dari Nusantara Mengaji yang bergabung dalam membacakan ayat-ayat suci Alquran. (fen)

You might also like

Comments are closed.