Rawan Kecelakaan, Perlintasan Sebidang Liar segera Ditutup

METROSEMARANG.COM – Kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang tidak resmi berujung pada keputusan Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian untuk menutup semua perlintasan sebidang tersebut. Pasalnya, banyak perlintasan sebidang yang dibuat sendiri oleh masyarakat yang tidak diketahui oleh Pemerintah Daerah dan PT KAI.

Kunjungan Dirut PT KAI, Edi Sukmoro di Stasiun Semarang Tawang dalam rangka pengecekan keamanan jalur angkutan lebaran, Senin (22/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Direktur Keselamatan Dirjen Perkeretaapian, Edi Nursalam mengatakan, membuat perlintasan sebidang harus seizin pemerintah. Jika tidak, maka akan menimbulkan permasalahan lantaran kurangnya pengawasan.

“Setiap tahun perlintasan sebidang liar terus bertambah dan tak terhitung karena masyarakat sendiri yang membuat atas kehendaknya sendiri. Akan segera kami tutup,” katanya, Senin (22/5).

Dia akan berkoordinasi dengan Pemda setempat serta warga yang sudah terlanjur lama menggunakan perlintasan sebidang liar untuk diberi pengarahan. Perlintasan sebidang liar akan ditutup kemudian diarahkan menuju perlintasan terdekat atau dibuatkan fly over demi keamanan bersama.

“Secara bertahap masih kami teliti untuk dicarikan solusi. Namun kemungkinan besar perlintasan sebidang liar tersebut akan kami tutup,” tegas Edi. (ade)

You might also like

Comments are closed.