Rayakan Dugderan, Ribuan Warga Semarang Berkumpul di Masjid Kauman

METROSEMARANG.COM – Ribuan warga Semarang tumplek-blek di pelataran Masjid Agung Kauman untuk menyambut pembukaan Dugderan oleh Wali Kota Hendrar Prihadi.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pantauan metrosemarang.com pada Kamis siang (25/5), banyak orang rela menunggu pembukaan Dugderan di gerbang masjid. Sebuah panggung dibangun tepat di jalan simpang tiga masjid dan akan dipakai untuk prosesi saweran roti ganjel rel.

Di dalam masjid, para ibu-ibu masjid pun kini sudah menyelesaikan pembuatan roti bertekstur keras tersebut. Aulin seorang pembuat roti ganjel rel mengaku sudah memboyong gunungan rotinya diatas panggung.

“Sebentar lagi dimulai. Saya sudah membawa gunungan roti ganjel rel di panggung. Nanti dibagi-bagikan kepada warga yang berkumpul di sini,” kata Aulin kepada metrosemarang.com.

Marjuki, pembuat roti ganjel rel lainnya mengatakan makanan kecil itu merupakan persembahan khas saat Dugderan resmi dibuka nanti. Ia mengungkapkan ganjel rel terbuat dari gandum yang dicampuri wijen dan gula Jawa.

Teksturnya yang padat membuat roti itu jadi penganan khas saat Dugderan. “Saya cuma buat ganjel rel pas Dugderan saja. Karena biasanya pesanannya sangat banyak,” paparnya.

Informasi yang dihimpun dari panitia acara, pawai Dugderan akan tiba di Kauman pukul 14.30 WIB nanti. Hendi sapaan Hendrar Prihadi akan istirahat sejenak sebelum menunaikan salat Ashar di Kauman. (far)

You might also like

Comments are closed.