Rayakan Sam Poo Besar 2015, Menteri Arief Kenakan Kostum Cheng Ho

Menteri Arief Yahya, berkostum ala Laksamana Cheng Ho saat menghadiri perayaan Sampoo Besar di Klenteng Sam Poo Kong, Kamis (13/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Menteri Arief Yahya, berkostum ala Laksamana Cheng Ho saat menghadiri perayaan Sampoo Besar di Klenteng Sam Poo Kong, Kamis (13/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengaku bahagia ketika memasuki area utama Klenteng Sam Poo Kong, Semarang. Dengan mengenakan pakaian yang mirip dipakai Laksamana Cheng Ho, dia bangga bisa memperingati kedatangan Kongco Sam Poo Tay Djien yang ke-610 bersama masyarakat Semarang.

“Ratusan tahun lalu Laksamana Cheng Ho melakukan pelayaran, termasuk Indonesia dari Aceh hingga Bali. Perjalanannya ke Semarang merupakan perjalanan terbesar yang dia lakukan,” kata dia, Kamis (13/8) sekitar pukul 14.00.

Dia menyebutkan, Klenteng Sam Poo Kong adalah peninggalan terbesar yang diwariskan Laksamana Cheng Ho bagi warga Semarang. Oleh karena itu, Arief Yahya ingin pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Paiwisata dari Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang agar memanfaatkan Klenteng Sam Poo Kong sebagai salah satu destinasi wisata internasional.

“Kalau tahun ini wisatawan luar negeri mencapai satu juta wisatawan, maka tahun berikutnya saya berharap bisa mencapai sepuluh juta wisatawan yang mengunjungi Sam Poo Kong,” paparnya.

Pada saat yang sama, Menteri Pariwisata juga turut menyaksikan kirab Sam Poo Besar 2015 dimana nantinya Cheng Hoo akan diantarkan dari Klenteng Gedung Batu atau Sam Poo Kong menuju Klenteng Tae Kak Sie. (ade)

You might also like

Comments are closed.