Relokasi PKL Barito Ditarget Rampung Sebelum Mei

METROSEMARANG.COM – Pemindahan PKL Barito di sepanjang bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) mulai dilakukan Jumat (2/2) dimulai dari PKL di daerah Kelurahan Rejosari, Semarang Timur. Mereka direlokasi ke Pasar Barito Baru Penggaron Kecamatan Pedurungan.

PKL Barito mulai tempati lokasi baru di eks Pasar Klithikan Penggaron, Jumat (2/2). Foto: metrosemarang.com

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menjelaskan, pemindahan semua PKL Barito di bantaran BKT ditargetkan selesai sebelum bulan Mei 2018. Keseluruhan jumlah PKL Barito yang berada di sepanjang bantaran Sungai BKT sebanyak 1.374 pedagang.

‘’Adapun untuk lokasi pemindahan kita menyediakan dua lokasi, selain di Pasar Barito Baru di Penggaron (sebelumnya bernama Pasar Klithikan) juga Pasar Waru di Sawah Besar yang sudah siap ditempati pedagang,’’ katanya usai pemindahan PKL Barito di Kelurahan Rejosari ke Pasar Barito Baru Penggaron.

Fajar menyebutkan, untuk Pasar Barito Baru Penggaron selain menjadi tempat relokasi PKL Barito di Kelurahan Rejosari juga PKL Barito dari daerah Bugangan, Mlatiharjo, Pandean Lamper dan Karangtempel.

Sedangkan untuk Pasar Waru nanti memfasilitasi PKL yang berada di Sambirejo, Kaligawe, Tambakrejo, Kemijen dan Sawah Besar.

Fajar mengatakan, pihaknya tahun ini akan kembali mengalokasi anggaran untuk pembangunan kios di Pasar Barito Baru Penggaron. Kios tersebut nantinya akan disediakan untuk PKL Barito yang berada di daerah Kelurahan Karangtempel berjumlah 538 pedagang.

‘’Karena Pasar Barito Baru saat ini hanya menampung sekitar 1.000 PKL saja, sehingga masih kurang apabila nanti dimasuki PKL dari Karangtempel,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok PKL Karangtempel, Rohmat Yulianto, mengaku siap pindah apabila kios yang dijanjikan di Pasar Barito Baru sudah terbangun. (duh)

You might also like

Comments are closed.