Replika Kapal Cheng Ho Dibongkar, Ini Kata Tokoh Tionghoa Semarang

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho didukung tokoh Tionghoa Semarang. Foto Metrosemarang
Pembongkaran replika kapal Cheng Ho didukung tokoh Tionghoa Semarang. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Tokoh masyarakat Tionghoa Semarang, Jongkie Tio, menyatakan setuju replika Kapal Cheng Ho dibongkar demi kepentingan yang lebih luas. Sementara itu dari pihak Yayasan Tay Kak Sie sendiri tak ada yang bersedia memberikan komentar mengenai pembongkaran tersebut.

Jongkie Tio menceritakan, replika kapal itu dibuat sekitar tahun 2005 saat perayaan 600 tahun pendaratan Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang. Keberadaan replika kapal itu memang diharapkan menjadi ikon baru kawasan Pecinan, Semarang. Khususnya untuk keperluan pariwisata di Semarang.

‘’Tetapi dalam perkembangannya, ternyata berdampak kurang baik, seperti menghambat aliran sungai,’’ katanya, Rabu (16/10/2014).

Karena itu, menurutnya, kepentingan yang lebih besar harus diutamakan, seperti dampaknya bagi lingkungan. Seperti diketahui dampak dari keberadaan replika kapal yang memakan sebagian area Kali Semarang itu menghambat aliran sungai. Sehingga menyulitkan penanganan rob dan banjir.

‘’Untuk itu, demi kepentingan yang lebih luas, saya setuju replika kapal Cheng Ho dibongkar. Apalagi Pemkot Semarang sendiri sebelumnya juga bersedia memberikan alternatif tempat lain untuk replika kapal ini, walaupun Yayasan Tay Kak Sie belum memutuskan,’’ tegasnya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.