RESENSI BUKU: Manajemen Pelayanan Publik

Buku yang ditulis oleh salah dosen Universitas Islam Malang ini pada dasarnya ditujukan untuk mahasiswa fakultas Ilmu Administrasi di seluruh Indonesia. Namun dengan pembahasan yang menurut saya mudah dipahami, buku ini juga bisa menjadi bacaan yang membantu masyarakat umum mengerti tentang pelayanan publik.

Hayat mengawali tulisannya dengan memaparkan tugas pemerintah yang hanya ada dua. Keduanya adalah; membangun kebijakan publik yang unggul, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Sejak terbitnya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pelayanan publik tidak mengalami perkembangan yang baik untuk masyarakat. Dalam bukunya, Hayat menyebut dengan istilah “masih begitu-begitu saja”.

Padahal Undang-Undang Pelayanan Publik itu telah disusul dengan berbagai regulasi lain. Yakni Peraturan Pemerintah Nomor 96/2012, Peraturan Menteri Pendayagunaan Apatartur  Negara dan Reformasih Birokrasi Nomor 15/2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, hingga Permepan- RB no.30/2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan.

Bab pertama buku ini menjelaskan pengertian manajemen dan pelayanan. Setiap organisasi mempunyai kerangka untuk melakukan kegiatannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Seluruh komponen ogranisasi tersebut dijalankan berdasar sistem yang dibangun. Ada proses manajemen yang dijalankan dalam sebuah organisasi.

Menurut saya, bab ini memberikan penjelasan tentang manajemen dan pelayanan, secara detil dan jelas. Hayat mencantumkan beberapa pendapat ahli tentang manajemen dan pelayanan.

Bab kedua dalam buku ini membahas konsep, fungsi, dan tujuan pelayanan publik. pelayanan public didefinisikan sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhnan kebutuhan setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan pelayanan administratif yand disediakan oleh pelanyelanggara pelayanan publik.

Konsep pelayanan publik pada dasarnya adalah menjadikan Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 sebagai acuan penyelenggaraan negara. Hal itu untuk kualitas pelayanan yang optimal dan maksimal. Pelayanan yang optimal dan maksimal menjadi rujukan bagi masyarakat dalam menerima pelayanan.

Menurut saya dalam konteks pengertian konsep pelayanan publik yang di jelaskan oleh Hayat sangat kompleks. Terdapat berbagai sumber dan contoh yang menjelaskan bagaimana konsep pelanyanan publik berlangsung.

Identitas buku
Judul                       : Manajemen Pelayanan Publik
No ISBN                  : 978-602-425-080-5
Penulis                    : Hayat, S. AP., M. Si.
Penerbit                  : Rajawali Pers
Tanggal terbit          : Januari 2017
Cetakan/ Halaman   : 2017 / 226 halaman.
Kategori                  : Ilmu Pengetahuan
Text bahasa             : Bahasa Indonesia

 

Sedangkan, fungsi pelayanan publik menurut penjelasan Hayat adalah penerapan pelayanan secara baik dan berkualitas. Dipengaruhi oleh konsepsi dasar yang dibangun dengan reformasi menuju tatanan yang ada pada sistem pengelolaan profesional.

Pada bagian ini juga dijelaskan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk menerima pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Pelayanan yang cepat, murah dan tepat waktu. Mengingat tujuan pelayanan publik sendiri adalah melayani masyarakat sebaik-baiknya dalam rangka membantu urusan administrasi kepemerintahan, administrasi public hingga administrasi berkaitan dengan barang dan jasa.

Menurut saya, sebagai mahasiswa Ilmu Administrasi, buku ini sangat membantu saya dalam mempelajari ilmu adminstrasi publik. Khususnya tentang manajemen pelayanan public, referensi dari buku ini cukup mudah dipahami. (*)

Penulis: Gangga Febrianto
Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

Comments are closed.