Ribuan Instruktur Safety Riding Honda Berebut Tiket ke Suzuka Jepang

METROSEMARANG.COM – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi safety riding khusus bagi para instruktur di seluruh Indonesia. Ada sedikit perubahan pada gelaran Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) tahun ini, dengan memasukkan dua kategori baru, yakni Instruktur Big Bike dan Community Advisor Wanita.

GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra memaparkan, AHSRIC merupakan program kompetisi untuk menguji keterampilan berkendara, sekaligus memilih instruktur terbaik. Para instruktur inilah yang disiapkan sebagai agen keselamatan berkendara untuk melatih konsumen Honda di setiap jaringan bisnis AHM di Tanah Air.

Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2016. Foto: metrosemarang.com/dok ahm
Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2016. Tahun ini ada penambahan kategori community advisor wanita dan instruktur big bike. Foto: metrosemarang.com/dok ahm

Dikatakan Agus, proses seleksi sudah dilakukan secara berjenjang mulai tingkat regional, dengan total peserta 3.030 orang. “Sejak Februari 2016, tersaring 125 peserta untuk bertanding pada puncak acara AHSRIC 2016 di Stadion Olahraga Temenggung Abdul Jamal, Batam pada 16-18 Mei 2016. Mereka terdiri dari 45 instruktur pria, 13 instruktur wanita, 10 dealer advisor, 48 community advisor pria dan 9 community advisor wanita,” terang Agustinus.

Dalam kompetisi ini, setiap peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi standar internasional safety riding Honda. Materi ujinya meliputi pengetahuan terkait keselamatan berkendara, kemampuan melakukan edukasi dengan beragam alat peraga, riding plank, hingga slalom course.

“Setiap peserta akan mengemban tugas sebagai ambassador safety riding Honda di daerah masing-masing dan pemenang AHSRIC 2016 ini akan melanjutkan uji kompetensinya di level internasional yaitu pada ajang The 17th Safety Japan Instructors Competition di Suzuka, Jepang, Oktober nanti,” imbuh Agustinus.

Sebagai instruktur terpilih, peserta AHSRIC 2016 ini akan menjalankan tugas edukasi safety riding di wilayah main dealer yang mengutusnya. Sebagai agen keselamatan berkendara mereka mendapat tugas untuk menyusun program kampanye keselamatan berkendara untuk mempercepat terbentuknya karakter dan budaya tertib berlalu lintas.

Edukasi dilakukan di berbagai lapisan masyarakat mulai dengan memberikan pelatihan kepada komunitas, sekolah, perguruan tinggi, hingga institusi swasta dan pemerintah. Tercatat setidaknya 13,7 juta orang sudah mengikusi edukasi safety riding yang diadakan AHM dan jaringan main dealernya.

Dalam mendukung aksinya tersebut, AHM beserta main dealer juga memiliki berbagai fasilitas ajar seperti 1.000 unit alat peraga Honda Riding Tainer serta 5 Safety Riding Center yang berada di Serang (PT Mitra Sendang Kemakmuran), Jakarta (PT Wahana Makmur Sejati), Jambi (PT Sinar Sentosa Primatama), Yogyakarta (Astra Motor Yogyakarta) dan Surabaya (PT Mitra Pinasthika Mulia). (*)

You might also like

Comments are closed.