Ribuan Korek Palsu Made in Cina Digilas Jogjig

METROSEMARANG.COM – Aparat Subdit Satu Ditreskrimsus Polda Jateng memusnahkan ribuan korek api palsu, Rabu (11/5). Total ada 62.500 korek api palsu dengan merek Tokai yang diimpor dari Cina dihancurkan dengan mesin jogjig.

Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

Ribuan korek palsu tersebut merupakan hasil penyitaan dari seorang tersangka dengan inisial TBI. Petugas menggerebek gudang yang terletak di Perum Kekancan Mukti, Jalan Taman Flamboyan, Semarang pada Desember 2015 silam.

“Pemalsuan ini terbongkar setelah pihak PT Tokai Dharma Indonesia merasa dirugikan karena produknya dipalsukan oleh tersangka,” kata Kepala Sub Direktorat I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Dit Reskrimsus Polda Jateng, AKBP Juli Agung.

Sekilas tidak ada perbedaan yang berarti dari korek api palsu tersebut. Namun jika diperhatikan lebih rinci, korek api tersebut menggunakan material yang lebih kasar dan dikhawatirkan membahayakan.

“Tersangka sudah melakukan praktiknya sejak setahun yang lalu. Pengakuannya beli dari importir, korek api tersebut berasal dari Cina,” imbuh Agung.

Sementara itu, kuasa hukum PT Tokai Dharma Indonesia, Purnomo Suryomucitro mengungkapkan, karena tersebarnya produk Tokai palsu tersebut mereka merasa dirugikan. Karena, untuk produk korek api gas sangat riskan bagi konsumen apabila tidak ber-SNI.

“Korek ini dipakai konsumen untuk harian, sehingga harus yang aman. Kalau tak SNI dan lolos uji coba begini bisa berbahaya, siapa tahu bisa meledak tiba-tiba,” ungkapnya. (yas)

 

You might also like

Comments are closed.