Ribuan Kotak Suara Pilwakot Semarang Mulai Dirakit di Gudang KPU

Tumpukan kotak suara ini sedang dirakit di gudang KPU Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Tumpukan kotak suara ini sedang dirakit di gudang KPU Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

 

METROSEMARANG.COM – Ribuan kotak suara untuk kebutuhan Pilwakot Semarang hingga saat ini sedang dirakit di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Ronggolawe. Kasubag Umum KPU Kota Semarang, Tobirin mengatakan sejumlah pekerja sedang mengebut perakitan kotak suara sejak seminggu terakhir.

“Ada 2.635 kotak suara yang sekarang sedang dipasang engselnya lalu dicek gembok dan kotak kuncinya,” kata Tobirin, Rabu (18/11).

Ia mengungkapkan jumlah kotak suara sebanyak itu ditambah 48 buah lagi sebelum disalurkan ke 16 kecamatan. “Rencananya tanggal 22 November mulai didistribusikan di tiap kecamatan,” papar Tobirin.

Pendistribusian 2.635 kotak suara di Semarang bakal disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tak hanya itu saja, KPU juga akan mencetak ribuan surat suara sebagai persiapan pemungutan suara. Pengerjaan pelipatan surat suara akan diserahkan kepada PT Pura Barutama Kudus selaku mitra kerja KPU.

Lebih jauh, Tobirin mengungkapkan, jadwal pencetakan surat suara dilakukan dalam rentang waktu 21-22 November 2015 lalu disortir mulai 23-24 November 2015 dan terakhir tahap pelipatan surat suara mulai 25-26 November 2015.

“Untuk packing dikerjakan pada 27 November sebelum didistribusikan keesokan harinya,” terangnya.

Kota Semarang, kata Tobirin, akan mendapatkan jatah 1.136.772 surat suara termasuk include 2,5 persen. Sementara untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Semarang kini tercatat 1.109.045 jiwa.

Di lain pihak, Sekretaris KPU Kota Semarang, Daryanto menambahkan perakitan kotak suara dikerjakan di tempat terpisah dari markas KPU yakni di Jalan Ronggolawe Kecamatan Semarang Barat.

“Jumlahnya (kotak suara) kita lebihkan agar ada pengganti kotak suara yang rusak,” ucap Daryanto.

Dalam pelaksanaan Pilwakot Semarang, tiap TPS bakal mendapatkan empat bilik dan satu kotak suara. Petugasnya kini tinggal menunggu instruksi lanjutan untuk mendistribusikan kotak suara tersebut. (far)

You might also like

Comments are closed.