Ribuan Lampion dan Ular Putih Meriahkan Imlek di Pecinan Semarang

Lampion warna-warni menghiasi kawasan Pecinan Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Lampion warna-warni menghiasi kawasan Pecinan Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Semarak perayan Tahun Baru Cina 2016 begitu terasa di kampung Pecinan Semarang, malam ini, Sabtu (6/2). Ribuan turis lokal dan mancanegara terlihat memadati sepanjang ruas Jalan Gang Pinggir hingga Jalan Wotgandul.

Pantauan di ujung Jalan Gang Pinggir, tampak ribuan lampion berwarna merah merona menggantung di langit-langit tenda. Banyak orang yang mengambil pose selfie di situ untuk mengabadikan keindahan lampion sambil menikmati kudapan khas Tionghoa yang dijual di pinggir jalan.

Seorang wisatawan lokal, Heni Mahardika mengaku senang sekali dapat menikmati perayaan Imlek bersama warga Tionghoa lainnya di Pecinan. Ini jadi pengalamannya yang pertama kali karena tahun-tahun sebelumnya, perayaan Imlek selalu dihabiskan di Singkawang Kalimantan Barat.

“Jauh-jauh datang ke Semarang enggak rugi. Menarik acaranya apalagi banyak jajanan yang langka di sini,” ujar perempuan berusia 32 tahun itu kepada metrosemarang.com.

Ia sengaja menghabiskan akhir pekan di Pecinan dengan membawa serta suami dan dua buah hatinya.

Sedangkan bagi Matheus, pengunjung lainnya, Imlek di Semarang memang selalu menggodanya untuk kembali lagi setiap tahun. Ia merasa Semarang adalah rumah keduanya dan saat merayakan Imlek harus datang langsung ke Pecinan.

Perayaan Imlek di Pecinan Semarang selama ini lebih dikenal dengan Semawis. Tahun ini, panitia acara tak hanya memasang lampion di ujung Gang Pinggir. Tapi juga menggelar atraksi pertunjukan Siluman Ular Putih tepat di depan Klenteng Gang Pinggir. Acara tersebut dimulai sejak pukul 19.00 WIB dan kelar dua jam kemudian.

Tak hanya itu saja, kemeriahan Imlek tahun ini begitu lengkap dengan suguhan ajang Tok Panjang sejauh hampir 1 kilometer dari Gang Pinggir sampai Wotgandul. Kemarin, Pemkot Semarang bersama Gubernur Ganjar Pranowo datang ke Tok Panjang untuk meresmikan pembukaan Pasar Imlek Semawis 2016. Tok Panjang adalah ajang makan-makan terpanjang yang pernah ada di Semarang. (far)

You might also like

Comments are closed.