Ribuan Murid TK se-Pedurungan Takjub Lihat Pementasan Wayang Orang di TBRS

METROSEMARANG.COM – Ribuan siswa TK menyaksikan pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Ngesti Pendowo, Taman Budaya Budaya Raden Saleh (TBRS), Selasa (14/3). Sebanyak 3.000 siswa dari 76 TK di Kecamatan Pedurungan tampak antusias menyaksikan adegan demi adegan yang diperankan oleh Wayang Orang Ngesti Pandowo.

Pertunjukan wayang orang di TBRS, Selasa (14/3). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kepala Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Pedurungan, Sri Yusriyanti mengatakan, untuk mengenalkan budaya Jawa tidak bisa dilakukan hanya di dalam kelas. “Kalau TK kan ada namanya Outing Class (belajar di luar kelas), jadi kita ajak ke sini supaya melestarikan budaya Jawa Tengah,” ujar Sri.

Gemuruh sorakan ribuan anak terdengar tatkala tirai pergantian adegan digulungkan. Riuh suara tepuk tangan dari bocah-bocah TK meramaikan pertunjukan wayang orang ini.

“Ya bagus sekali mas responnya anak-anak, mereka seneng, selain untuk membentuk karakter anak-anak,” ujar Sri.

Anak-anak ini serius memerhatikan setiap adegan wayang orang yang dipentaskan di TBRS, Selasa (14/3). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Salah seorang siswa, Muhammad Joy mengaku senang melihat pertunjukan ini. Dia sama sekali belum pernah menyaksikan pertunjukan semacam ini secara langsung.

“Biasanya hanya lihat di tv. Bagus kostumnya, lebih bagus dari yang di tv,” ujarnya.

Sementara itu dengan diadakannya pembelajaran seperti ini, diharapkan dapat menanamkan rasa cinta anak-anak terhadap budaya Jawa. “Siapa tahu dari 3000 anak ini separo (setengah) akan menyukai wayang orang kan hebat,” tambah perwakilan UPTD Pedurungan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Hariyono.

Ia juga mengharapkan di era digital seperti ini, anak-anak tetap masih mengenal budaya Jawa seperti wayang orang. (fen)

You might also like

Comments are closed.