Rob Makin Parah, Jalan Barito Utara Berubah jadi Lautan

METROSEMARANG.COM – Banjir rob di Jalan Barito Utara Kampung Rejoleksono Kelurahan Melatiharjo Kecamatan Semarang Timur semakin parah. Jalan beton yang menghubungkan Kaligawe ke arah Sawah Besar itu kini kondisinya seperti lautan.

Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Kedalaman rob mengalami peningkatan hingga hampir mencapai 50 centimeter. Kendaraan roda dua lebih memilih balik kanan daripada motor mogok di tengah jalan.

Pantauan metrosemarang.com, Rabu (29/6) siang, kendaraan yang berani melintas didominasi mobil angkutan barang dan truk. Saat truk membelah genangan rob, sensasi ombak di tepian jalan yang terdapat rumah warga terasa seperti di pinggir laut. Warga pun berinisiatif memasang garis kuning berbahan plastik.

“Sudah satu bulan garisnya dipasang warga, agar yang lewat jalannya pelan-pelan,” kata Suharno (56) warga setempat.

Kondisi air rob yang semakin meninggi, memaksanya ikut meninggikan teras rumah yang awalnya ia gunakan sebagai tempat usaha jualan ban sepeda motor. Lantai cor yang ia tinggikan pun belum memberi solusi karena air kerap naik dan membasahi tempat usahanya.

“Dulu menjelang Lebaran 20 ban bisa terjual, sekarang sepi, nggak ada yang lewat,” keluhnya.

Di tengah gencar-gencarnya rob menggenangi jalan Kaligawe dan pantura, ia berharap pemerintah menengok ke tempatnya untuk ikut memberi solusi. Mengingat, rob di wilayah tersebut sudah bertahun-tahun tidak pernah surut.

“Pihak kelurahan saja bilangnya nggak tahu kalau wilayahnya terkena rob, harusnya dari kelurahan berkoordinasi dengan pemerintah, masalahnya ini bukan jalan kampung,” tandasnya. (din)

You might also like

Comments are closed.