Rob Menahun di Jalan Barito Utara, Ratusan Pengusaha Gulung Tikar

METROSEMARANG.COM – Kondisi Jalan Barito Utara tepatnya di Kampung Rejoleksono Kelurahan Melatiharjo kini semakin memprihatinkan. Rob bertahun-tahun yang terus merendam jalan tersebut membuat para pemilik kios di sepanjang jalan tersebut gulung tikar.

Foto; metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Foto; metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Kini, kampung itu pun semakin sepi dari aktifitas perekonomian. Tak hanya kios-kios usaha yang terpaksa tutup, moda transportasi angkutan umum pun sudah enggan melintas di jalan itu. Para sopir enggan melintas lantaran tak ingin kendaraanya mogok ataupun keropos bodi mobilnya. Mereka lebih memilih jalan memutar lewat kampung sebelah.

Suharno (56) adalah salah satu pelaku usaha yang merasakan dampak rob di Barito Utara. Penjual ban ini mengungkapkan, lebih dari seratus pengusaha sudah tak bisa melanjutkan pekerjaannya gara-gara banjir rob yang sudah menahun.

Meski masih bertahan membuka usaha di teras rumahnya, ia mengaku kehilangan omzet penjualan secara drastis. “Dulu menjelang Lebaran, sehari 20 ban bisa terjual. Tapi Lebaran tahun ini penjualan nggak sampai 5 ban jumlahnya,” kata dia, Senin (18/7).

Ia lebih beruntung teras rumahnya masih bisa dijadikan lapak untuk jualan. Pasalnya, banyak pengusaha lain yang nasibnya tragis karena bangkrut. Padahal, dulunya lokasi tersebut banyak dihuni pelaku usaha, seperti besi, las, jasa plat nomer, hingga toko kelontong.

“Dulu kios depan itu buka usaha jasa pemotongan plat nomer, orangnya datang dari Surabaya, sekarang sudah nggak bisa kerja. Padahal semua bahan dia datangkan langsung dari sana (Surabaya),” katanya.

Ia dan warga lain berharap pemerintah cepat tanggap untuk mengatasi masalah ini. Setidaknya, pejabat mau turun langsung ke lokasi dan melihat kondisi yang sebenarnya sambil berdialog dengan warga. “Pernah datang orang pakai seragam PNS, tapi cuma lihat sebentar terus balik lagi,” bebernya. (din)

You might also like

Comments are closed.