Rombongan Kirab Dewa Obat Mulai Padati Pecinan

METROSEMARANG.COM – Prosesi ritual peringatan kedatangan Kimsin Yang Mulia Kongco Poo Seng Tay Tee atau dikenal juga sebagai Dewa Obat kembali digelar, Minggu (5/6). Tahun ini adalah tahun ke 156 sejak kedatangan Dewa Obat ke Pulau Jawa.

“Kirab ini untuk memperingati kedatangan dari Kongco Poo Seng Tay Tee ke Pulau Jawa,” ungkap Linda, salah satu peserta kirab dan anggota Klenteng Tay Kak Sie.

Kirab tahunan ini dilaksanakan di kawasan Pecinan Semarang. Rangkaian prosesi kirab ini dimulai sejak pagi pukul 05.00. Rombongan peserta berangkat dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Pantai Marina. Di Pantai Marina dilaksanakan upacara kebesaran dan pembacaan doa.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Pukul 13.30, rombongan kirab sampai di gapura pecinan untuk selanjutnya berjalan kaki mengelilingi klenteng-klenteng yang berada di kawasan pecinan. Rombongan kirab ini akan berhenti di Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok.

Penampilan dari tiga perkumpulan barongsai turut meriahkan kirab. Di antaranya perkumpulan barongsai Nagasakti, Hoo Haap, dan Naga Damai. “Iya kan di Marina juga sudah ada perkumpulan barongsai, yang ikut jalan ada tiga itu,” ungkap Hartikno salah satu panitia selaligus pembawa Kio (tandu) Kongco Poo Seng Tay Tee. (vit)

You might also like

Comments are closed.