Sambut 2015, Dekase Gelar Gong Akhir Tahun

dekase

SEMARANG – Menyambut pergantian tahun, Dewan Kesenian Semarang (Dekase) menggelar acara Gong Akhir Tahun 2014. Acara yang bertempat di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) itu berlangsung dua hari, Selasa dan Rabu (30-31/12).

Kegiatan akan diisi dengan berbagai acara seperti pemutaran film indie, pagelaran kesenian rakyat, lawak, dan pentas musik. Ketua Panitia, Bintang Al Huda, mengungkapkan, acara tersebut bakal dilangsungkan di Halaman Parkir TBRS dan Joglo.

Pada hari pertama, Selasa malam, akan diputar beberapa film indie karya sineas kota ini. Masyarakat umum bisa melihat hasil karya pembuat film dari kota ini dengan gratis di Joglo TBRS.

Di hari kedua, Rabu, acara akan dimulai sejak sore. Festival akhir tahun itu akan dimulai pentas kesenian rakyat. Malam harinya, beberapa kelompok musik bakal unjuk gigi di atas panggung yang bakal disiapkan di Halaman Parkir. Diantaranya; To Remember, Rockatak, Keroncong Tetap Segar, Timiki Endonesa, Smoke, Jackass Blues, The Way of Life, Lemon Silica, Kandidat, dan Sangkala.

Mereka akan bermain secara bergantian hingga tengah malam. Untuk menambah semarak suasana, para pelawak di kota ini juga akan tampil mengocok perut hadirin.

Menjelang tengah malam, seperti biasa, akan ada ritual pergantian tahun yang melibatkan beberapa seniman. Sebuah ogoh-ogoh akan diarak mengelilingi arena acara sebelum akhirnya dibakar bersamaan dengan pelepasan lampion. Prosesi tersebut sekaligus menandai berakhirnya acara.

Ketua Dekase, Mulyo HP, menambahkan, acara menyambut pergantian tahun itu telah menjadi agenda rutin. Pihaknya selalu menggelar kegiatan menyambut tahun baru di TBRS.(byo)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.