Sambut Arus Mudik 2017, Ditlantas Polda Jateng Bersiap Dirikan Rest Area

METROSEMARANG.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah bersiap membangun pos pengamanan bagi para pemudik Lebaran di tahun 2017. Pengamanan pos polisi akan ditingkatkan demi menangkal tindak kejahatan.

Ribuan pemudik gratis yang diangkut KRI Banda Aceh tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (14/7/2016). Foto: metrosemarang.com/dok

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Baharuddin Muhammadsyah, tengah mengusulkan kepada jajarannya untuk secepatnya membuatkan pos polisi di semua akses rest area dan gerbang jalan tol.

“Jangan sampai saat pemudik beristirahat dan lengah, ada kejahatan. Ini harus diantisipasi,” tegasnya, Kamis (20/4).

Menurutnya potensi kemacetan pemudik Lebaran akan muncul di ruas tol hingga sejauh lima kilometer. Ia pun menyatakan telah mengevaluasi buruknya sistem pengamanan lalu lintas yang terjadi pada tahun lalu.

Untuk Gerbang Tol Otomatis (GTO) juga harus diperjelas jalurnya agar tidak ada pengemudi yang salah masuk. Pihaknya siap berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menyiapkan lalu lintas pemudik.

Agar pengamanan mudik Lebaran lancar, ia berharap Pemprov Jateng secepatnya mengucurkan anggaran pengamanan pemudik.

“Kami harus memberi kepastian untuk pemudik, termasuk soal kondisi jalan, pengalihan jalur, dan ketersediaan rambu,” ucapnya.

Jika ada kesalahan dan pengemudi harus mundur, akan menyebabkan kemacetan parah. Ia juga mengusulkan untuk mempertebal akses sambungan pelaksana I dan II salah satunya dengan meratakan kontur tanahnya.

Sebab, kalau dipaksakan bisa kejadian oleng saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, atau bahkan pelek dan ban pecah. “Ini yang sangat bahaya,” tutupnya. (far)

You might also like

Comments are closed.