Sambut Hari Bumi, 10 Tim Pelajar Adu Resep dari Bahan Sekunder

METROSEMARANG.COM – Dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh pada Sabtu (22/4), Hotel Ibis Simpang Lima Semarang mengajak 10 tim dari pelajar SMA/SMK se-Semarang dan Kendal untuk mengolah bahan makanan sekunder. Hal ini dilakukan mengingat olahan di hotel-hotel banyak menyisakan bahan baku yang sekiranya sayang untuk dibuang namun masih bisa dijadikan masakan yang bernilai tinggi.

Lomba memasak bahan sekunder dalam rangka memperingati Hari Bumi di halaman Hotel Ibis Simpang Lima Semarang, Sabtu (22/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Biasanya yang digunakan sebagai bahan makanan adalah dada atau paha ayam. Namun di sini kami tantang peserta untuk memasak bagian sayap dan kulit,” kata Chef Hotel Ibis Simpang Lima Semarang, Teguh Firmanto.

Selain ayam, mereka juga diberi bahan lain, seperti daging sapi dan sosis. Sepuluh tim yang masing-masing terdiri dari dua orang ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai bernilai jutaan rupiah.

Harapannya, dengan lomba ini, geliat kreativitas anak muda Semarang, terutama di bidang kuliner bisa lebih nampak ke level nasional. “Kami harap, banyak lomba serupa yang digelar pihak lain untuk memunculkan bakat para pelajar yang belum tertampung,” tambahnya.

Dia menjelaskan korelasi dengan hari bumi ini diharapkan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk memanfaatkan apapun yang masih bisa digunakan, tidak lantas membuang dan menjadikan sampah yang tidak bernilai.

Di Hotel Ibis Simpang Lima Semarang, dia mengatakan sudah menerapkan pengelolaan sampah yang dihasilkan hotel. Untuk sampah basah dijadikan kompos, sedangkan sampah kering dijadikan kantong plastik. (ade)

You might also like

Comments are closed.