Sambutlah Kolkas, Sumberdaya Grafis Gratis untuk Kota

kolkas1

SEMARANG – Pernah bingung ketika akan membuat logo, desain kaos, atau gambar-gambar lucu untuk presentasi? Tak lama lagi Semarang akan punya sumberdaya grafis yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Ya, pada Sabtu (13/6), di Widya Mitra, Jalan MT. Haryono nomor 360, Semarang, akan diluncurkan www.kolkas.net. Kolkas (www.kolkas.net) adalah sebuah platform repository grafis yang dibangun dari kontribusi karya desainer grafis dan seniman lokal sebagai sumberdaya lunak Kota Semarang. Karya-karya yang ada di website ini dapat diakses dan dimanfaatkan oleh warga kota secara gratis.

Pentolan Kolkas, Muhammad Fatchurofi, mengatakan, project ini bertujuan untuk menyalurkan aspirasi dan kontribusi desainer grafis dan seniman muda yang ingin turut membangun kota melalui bidang yang mereka geluti. “Kami ingin menyalurkan inisiatif untuk berbagi dan menciptakan atmosfer yang lebih produktif bagi kota,” katanya.

Misi Kolkas, lanjutnya, ialah menyediakan wadah sumberdaya bagi kota dalam bentuk grafis yang mudah diakses dan direproduksi secara luas oleh warga kota. “Jadi di situs ini kami menyediakan file grafis dalam bentuk aslinya dan memberikan keleluasaan hak guna bagi warga namun tetap melindungi hak penciptanya dengan menerapkan lisensi CC BY 4.0,” jelasnya.

Launching Kolkas pada Sabtu pukul 19.00 akan dimeriahkan oleh penampilan musik akustik dari band Antaralain. Selain itu, masih di hari yang sama akan ada diskusi bersama The Popo. Bagi yang belum kenal, The Popo adalah seniman, pengajar dan salah satu street artist paling populer di Indonesia dengan karya-karya kritik sosialnya.

Di hari selanjutnya yaitu pada Minggu (14/6) akan kembali digelar diskusi bersama Creative Common Indonesia yang dimulai pukul 16.00 dan screening film oleh komunitas Hysteria. Di akhir acara akan dilakukan lelang karya dari  para desainer grafis atau seniman yang sudah diaplikasikan dalam bentuk kaos, tote bag, mug, stiker, post card, notebook dan poster. Hasil lelang karya akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan website di kemudian harinya. (byo)

Comments are closed.