Sampah Tahun Baru Tak Pengaruhi Volume di TPA Jatibarang

Sampah berserakan pasca perayaan malam tahun baru di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
Sampah berserakan pasca perayaan malam tahun baru di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Banyaknya orang yang merayakan malam pergantian tahun, biasanya meninggalkan cukup banyak sampah di lokasi perayaan. Seperti yang terlihat di titik Nol Kilometer semalam (31/12), pasca acara maupun Lapangan Simpang Lima, banyak sampah plastik dan kardus yang berserakan.

Namun ternyata, jumlah sampah yang meningkat tersebut tidak memengaruhi jumlah volume sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

“Sepanjang hari ini, belum ada peningkatan signifikan terkait produksi sampah yang dibuang di sini,” ujar petugas pengangkut sampah dari DKP Kota Semarang, Solihin.

Menurutnya, stabilitas volume sampah tersebut disebabkan oleh jenis sampah itu sendiri. “Sampah plastik dan kertas atau kardus biasanya langsung dipungut para pemulung untuk dijual lagi. Jadi sampah tersebut tidak sampai ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS), apalagi TPA.

Dia menyebutkan, tiap kecamatan di kota Semarang memiliki jumlah truk sampah yang bervariatif mulai lima sampai delapan unit. “Satu unitnya mampu menampung lima rit setiap harinya ke TPA Jatibarang,” terang dia. (ade)

You might also like

Comments are closed.