Satpol PP Bentuk Tim Siaga Antisipasi Gangguan Ketertiban dan Ketentraman

METROSEMARANG.COM – Satpol PP Kota Semarang membentuk tim siaga ketentraman dan ketertiban masyarakat di 10 kecamatan. Pembentukan tim ini bertugas untuk membantu mendeteksi dini adanya kegiatan yang dapat menganggu ketertiban dan ketentraman di masyarakat khususnya di bulan Ramadan.

Ilustrasi. Satpol PP Kota Semarang membentuk tim siaga ketentraman dan ketertiban masyarakat di 10 kecamatan. Foto: metrosemarang.com/dok

Kabid Ketertiban Umum dan Kententraman Masyarakat Satpol Kota Semarang, Martin Stevanus Dacosta mengatakan, tim ini akan melakukan kegiatan keluar masuk kampung secara rutin. Tujuannya untuk mendeteksi secara dini apabila ada potensi yang diperkirakan dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Saat ini baru dibentuk di 10 kecamatan, namun nantinya 6 kecamatan lainnya juga akan ada tim siaga trantib ini,” katanya saat dialog interaktif bertema Tertib Aman Lebaran Nyaman yang digelar DPRD Kota Semarang di Star Hotel Jalan MT Haryono Semarang, Senin (29/5).

Tim ini akan memberikan laporan kepada pejabat wilayah setempat yakni Lurah, Camat dan kepala Satpol PP. Selain tim siaga, pihaknya juga membentuk regu yang akan patroli melakukan ketertiban di masyarakat. Termasuk untuk mengantisipasi dan mengamankan adanya PGOT (Pengemis Gelandangan dan Orang Telantar) yang biasanya pada bulan Ramadan jumlahnya bertambah banyak.

“Termasuk pula untuk mengantisipasi dan menindak apabila ada ekspolitasi anak seperti diajak untuk mengemis,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau, agar warga masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap aksi pencurian khususnya pada pagi hari. “Saat pagi ayah bekerja dan ibu biasanya berbelanja di pasar, sehingga rumah kosong, ini potensi dimanfaatkan untuk melakukan aksi pencurian,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.