Satpol PP Sita Ratusan Kilo Daging Ilegal di Pasar Johar

Razia daging ilegal di Semarang, Kamis (3/3) pagi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Razia daging ilegal di Semarang, Kamis (3/3) pagi. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

METROSEMARANG.COM – Ratusan kilogram daging yang tak punya izin edar resmi, diamankan oleh petugas gabungan Satpol PP dan Dinas Pertanian yang menggelar razia di dua pasar tradisional di Semarang. Dalam razia yang digelar mulai pukul 00.00 sampai pukul 04.30 berhasil mengamankan tiga mobil pikap membawa daging sapi tak berizin.

Kabid Ketertiban dan Keamanan Umum Satpol PP Kota Semarang, Kusnandir, mengatakan dua pasar yang dirazia petugasnya, Kamis (3/3) pagi tadi yakni Pasar Johar dan Pasar Wonodri.

“Razia dilaksanakan dalam rangka adanya pengaduan dari masyarakat dan para pedagang daging yang keberatan adanya penjual daging yang tidak menaati aturan perizinan salah satunya, tidak membawa surat keterangan kesehatan daging dari RPH daerah pemasok,” ungkap Kusnandir, kepada metrosemarang.com.

Ia menegaskan dalam razia itu juga dilakukan uji kepatutan terhadap surat edaran dari Dinas pertanian bahwa per 1 Febuari 2016 setiap pedagang daging yang mengirim daging ke Semarang harus sesuai ketentuan Perda 6 Tahun 2007 tentang kesehatan masyarakat dan vertinier.

Petugas gabungan, kata Kusnandir, menemukan daging seberat 250 kilogram di dua pasar pagi tadi. Barang bukti tersebut ditemukan dari tiga mobil pikap milik Sugiyati pemasok asal Ampel Boyolali.

“Saat kami lakukan razia, ada kurang lebih 20 mobil yang diperiksa dan 15 mobil di antaranya terjaring operasi serta tiga mobil milik Temu, Miyati dan Sugiyati kedapatan tidak membawa kelengkapan surat resmi dari RPH,” jelasnya.

Untuk melindungi konsumen dari peredaran daging gelonggongan maupun daging ilegal, Sugiyati lalu mendapat pembinaan dari petugas Dinas Pertanian. “Puluhan petugas gabungan lalu mengamankan daging ilegal dari tangan pelaku,” tandasnya. (far/din)

 

You might also like

Comments are closed.