Sebelum Kenalan Dengan Bule, Baca Ini Dulu, Kas! (Bagian 2-Habis)

ilustrasi
ilustrasi

Lihat bagian pertama

Memiliki teman bule itu banyak manfaatnya, salah satunya adalah menambah wawasan dan membuka pola pikir lama menjadi baru. Perbedaan budaya dan kebiasaan hidup merupakan perbincangan yang mengasyikkan di manapun. Untuk itu, sebelum berinteraksi dengan mereka setidaknya pastikan anda adalah pribadi yang sopan dan menyenangkan agar dapat terjaga pertemanan, meski mereka nanti pulang ke negaranya masing-masing. Tidak menutup kemungkinan pertemanan berlanjut di pelaminan. Berikut lanjutan daftar yang perlu anda ketahui sebelum kenalan dengan Bule.

8. Saat pertama kali berkenalan, hindari pertanyaan mengenai hal-hal pribadi seperti status, agama, berat badan maupun umur. Kesan pertama sangat menentukan.

9. Berkenalan, bukan menginterogasi!

10. Jika anda penjual, jangan Mremo. Memberi “harga bule” (harga di atas standar) itu salah satu faktor ketidakramahan masyarakat kepada WNA. Jika ini terus terjadi, kotamu tidak akan pernah menjadi salah satu kota yang patut dikunjungi.

11. Jangan berasumsi terhadap apapun terhadap bule, bertanyalah dahulu sebelum menyampaikan.

12. Melihat Bule di jalan lalu ujug-ujug meminta foto itu adalah salah satu hal yang aneh dan terkadang menyeramkan bagi mereka. Di negara barat sana, hal itu jarang terjadi kecuali anda adalah psycho. Maka, bertemanlah sebelum meminta foto bersama.

13. Jangan memanggil Mister kepada semua bule, apalagi tidak bisa membedakan untuk perempuan (Miss) dan Laki-laki (Mister). Justru mereka merasa lebih akrab jika dipanggil Mas/mbak atau Pak/Bu.

14. Bule juga banyak yang suka makanan pedas, bisa naik motor dan bisa berbahasa Indonesia. Jadi tidak usah terlalu kaget mereka bisa melakukan apa yang dilakukan orang Indonesia di sini, nanti akan dianggap lebay.

15. Oya, kalau sudah kenalan dan janjian ketemuan harus tepat waktu. Bule tidak terbiasa dengan jam karet, bahkan membenci orang yang tidak tepat waktu.

16. Jika sudah akrab dan anda memiliki kesan yang menyenangkan sebagai teman lintas negaranya, gunakan sosial media agar tetap bisa berkomunikasi setelah mereka pulang ke negaranya. selain Facebook, Twitter, Instagram, Email, jangan lupa untuk membuat akun Skype, layanan sosial media berupa video chatting.

GR, musisi muda berbakat Kota Semarang. Baru saja melepas masa lajangnya dengan seorang WNA.

You might also like

Comments are closed.