Sebelum Nyoblos, Siswa SMAN 1 Semarang Lebih Dulu Gelar Pemilu

Suasana Pemilos di SMA Negeri 1 Semarang, Kamis (26/11). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Suasana Pemilos di SMA Negeri 1 Semarang, Kamis (26/11). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Meski Pilkada serentak masih dua minggu lagi, namun ribuan siswa SMA Negeri 1 Semarang tak sabar untuk mengikuti perhelatan pesta demokrasi empat tahunan tersebut. Mereka bahkan memutuskan menggelar coblosan lebih awal dari jadwal yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bedanya pemilu yang diikuti pelajar ini untuk memilih Ketua OSIS yang baru.

Pantauan metrosemarang.com di SMAN 1 Semarang, gelaran pemilu yang diikuti ribuan pelajar dilaksanakan di lapangan upacara hari ini, Kamis (26/11), pukul 08.00 WIB.

Layaknya tahapan pemungutan suara di Pilkada, semua siswa SMAN 1 dari berbagai jurusan terlihat menunggu giliran mencoblos kertas suara di tiap bilik suara yang disediakan di tiga tenda. Bilik suara berlogo SMAN 1 itu dijaga seorang pelajar dan dua orang kebagian mengawasi kotak suara.

Essa Mutia, seorang siswi Kelas XII Jurusan IPA SMAN 1 Semarang mengaku sudah tiga kali ikut coblosan Ketua OSIS. Sebab, gelaran pemilu di sekolahnya tahun ini punya tema berbeda yakni Festival of Democrations sehingga membuatnya bisa bersenang-senang untuk menentukan pilihannya dalam bilik suara.

“Yang sekarang lebih seru karena bisa berpartisipasi untuk melakukan simulasi pemilu di lingkungan sekolah sekaligus memilih satu dari tiga calon ketua OSIS,” terang Essa.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Semarang, Rusmiyanto menyebutkan ada 1.640 siswa serta 104 pengajar di sekolahnya yang ikut pemilihan OSIS (Pemilos) hari ini. Ia sengaja mengadopsi konsep Pilkada untuk meningkatkan pengetahuan para siswa dalam tahapan pemilu.

“Makanya, kami juga menggandeng KPU untuk mengajari siswa pentingnya berpartisipasi di pemilu. Apalagi di sekolah kami terdapat beberapa pemilih pemula yang berhak nyoblos di Pilwakot 9 Desember nanti,” tutur Rusmiyanto.

Lebih jauh, ia menyampaikan, pemilu di SMAN 1 juga melakukan tahapan yang mirip dengan Pilkada serentak meliputi penyiapan KPPS, pelatihan seremonial pemilu hingga melibatkan pengawas KPU.

Sedangkan untuk tahap rekapitulasi suara, digelar pukul 13.00 WIB-15.00 WIB sore. Usai tahapan tersebut, pihak sekolah akan melantik ketua OSIS Selasa besok setelah pelaksanaan ujian akhir semester (UAS).

Dengan adanya Pemilos, ia berharap ke depan mampu menekan angka golput di bursa Pilwakot. “Yang penting nyoblos yes golput no,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.