Sebulan Dibentuk, Tim Saber Pungli Terima Enam Laporan

METROSEMARANG.COM – Inspektorat Kota Semarang menyatakan sejak dibentuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) bulan Januari lalu sudah ada 6 laporan dugaan pungli yang diterimanya. Semua laporan tersebut sudah ditindaklanjuti.

Wali Kota Semarang mengukuhkan tim satgas saber pungli di balai kota, Rabu (11/1). Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Semua laporan mengarah pada indikasi pungutan liar dan sudah kami lakukan verifikasi semua,’’ kata Seketaris Inspektorat kota Semarang, Aan Patwiranto, Rabu (22/2).

Beberapa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaporkan dugaan melakukan pungli tersebut bahkan sudah diberikan sanksi tegas. Namun beberapa laporan diakui tidak bisa ditindaklanjuti karena dinilai laporannya tidak jelas dan tidak valid.

‘’Kendala kami yakni pada pelaporan warga yang melaporkan dugaan pungli. Banyak laporan masuk melalui SMS dari masyarakat yang masih tidak jelas dan valid dugaan pungli apa yang dilakukan okmun ASN,’’ katanya.

Di sisi lain, Kepala Inspektorat Kota Semarang Cahyo Bintarum menuturkan, pihaknya saat ini sedang fokus memberikan sosialisasi ke jajaran Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) baru terkait pungli ini. Dalam setiap sosialisasi, selalu disampaikan semua ASN untuk berikrar anti korupsi dan pungli.

‘’Sasaran (sosialisasi) utamanya yakni OPD yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga nantinya tidak ditemui lagi adanya pelaporan tentang pungli di Pemkot Semarang,’’ katanya.

Namun bagi warga jika menemui oknum ASN yang terlibat pungli, diharapkan dapat melaporkannya melalui SMS ke 082-222-206-263 atau di email Saberpunglikotasemarang@gmail.com.  (duh)

You might also like

Comments are closed.