Sehari, 11 Orang di Jawa Tengah Meninggal Akibat Kecelakaan

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 11 orang tewas akibat kecelakaan di Jawa Tengah dalam sehari. Dalam setahun, ada sebanyak 4.126 orang meninggal akibat kecelakaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin upacara gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2018 di Halaman Mapolda Jateng, Kamis (26/4).

operasi patuh
Operasi Patuh Candi 2018 di Halaman Mapolda Jateng. (foto: metrojateng.com/Efendi)

“Dari tahun 2017 ke 2018 ini rata rata dalam sehari ada 11 orang meninggal, namun ini sudah mengalami penurunan sebanyak 7 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujar Condro.

Oleh karenanya, lanjut Condro, pihaknya menyelenggarakan Operasi Patuh Candi 2018 guna menekan angka korban kecelakaan di Jawa Tengah. Operasi yang diselenggarakan selama 14 hari mulai hari ini tersebut juga dilakukan sebagai persiapan menjelang pengamanan lebaran.

“Saat pengamanan lebaran nanti diharapkan masyarakat sudah terbiasa patuh berlalulintas. Memang operasi ini menjadi daya kejut aja, tapi juga harus bisa menekan angka kecelakaan maupun korban,” imbuh Condro.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin Muhamadsyah mengatakan pelaksanaan operasi ini melibatkan sebanyak 292 personel ditingkat Polda Jateng. Personel tersebut masih ditambah dari tiap-tiap Polres di seluruh jajaran Polda Jateng.

“Prioritasnya memang untuk menekan angka kecelakaan, karena di Jawa Tengah sendiri dalam sehari ada sekitar 46 sampai 50 kecelakaan. Sebagian besar kecelakaan melibatkan sepeda motor dan usia korban di usia produktif,” tukas Bakharuddin. (fen)

You might also like

Comments are closed.