Sejarah Sepatu Dunia, Berawal dari Pedalaman Missouri

Beragam sepatu jadul yang tersimpan di Northampton Museum. Foto: metrosemarang.com/dok wikipedia
Beragam sepatu jadul yang tersimpan di Northampton Museum. Foto: metrosemarang.com/dok wikipedia

SIAPA sih yang gak kenal sama benda yang bernama sepatu. Pria, wanita, dan anak-anak pasti tahu. Berbagai model pun diburu bahkan sampai ke luar negeri. Sepatu kini bukan hanya untuk alas kaki namun juga kebutuhan fashion untuk memperindah diri.

Tapi, tahukah Anda sejarah terbentuknya sepatu di dunia?  Para ahli sejarah memperkirakan sepatu ada sekitar lima juta tahun silam atau pada zaman es. Dulu, sepatu dibuat dari kulit hewan hasil buruan manusia purba. Ternyata terbukti, hari lahir sepatu ini sudah sangat lama. Para peneliti menemukan sepatu di Amerika Serikat, tepatnya di pedalaman Missouri. Sepatu tersebut diperkirakan milik manusia purba primitif dengan ukuran sepatu yang sangat besar. Sepatu tersebut diperkirakan berasal dari 8000 sebelum Masehi.

Sepatu lainnya juga ditemukan di Pegunungan Prancis yang berumur 3300 sebelum Masehi. Akhirnya ditemukan pula beberapa sepatu dibelahan dunia lainnya, seperti Mesir Kuno, Viking, China Kuno. Sepatu di Mesir Kuno tersebut merupakan alas sepatu raja yang memiliki motif ukuran yang sangat indah. Ada juga di Romawi Kuno dan Yunani Kuno dengan bahan baku sepatu dari perak, perunggu bahkan emas.

Pada tahun 1800 sepatu beralas sol karet pertama kali tercipta dengan nama plimsolls. Pada tahun 1892 Goodyear dan perusahaan sepatu karet dari US Rubber Company mulai memproduksi sepatu karet dan kanvas yang diberi nama Keds. Perusahaan ini tahun 1917 yang pertama kali memproduksi sepatu atletik. Pada tahun 1908, Marquis M Converse mendirikan perusahaan sepatu yang bernama Converse. Perusahaan inilah yang pertama kali membuat dan memproduksi sepatu basket ball. Sepatu inilah yang menjadi ikon Amerika Serikat.

Setelah itu disusul dengan Adi Dasslers (1920), pendiri perusahaan sepatu Adidas. Perusahaan Gebr der Dassler Schuhfabrik mendirikan Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler di Jerman Barat (1948). Sedangkan sepatu wanita berhak tinggi mulai populer di tahun 1950-an. Adapun salah satu museum sepatu di dunia adalah Museum Sepatu Bata di Toronto Kanada. (die)

Comments are closed.