Sekujur Tubuh Bocah Imut Ini Melepuh Tersiram Kuah Bakso

METROSEMARANG.COM – Rismawati, seorang bocah perempuan berusia 3 tahun hanya bisa tergolek lemah di ruang Bangsal Anak RSUP Dr Kariadi Semarang setelah sekujur tubuhnya melepuh terkena air panas. Tubuhnya kini harus diperban dan mendapat perawatan intensif dari tim medis setempat.

Kondisi Risma berangsur membaik setelah mendapat perawatan di RSUP Dr Kariadi. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Peristiwa memilukan yang dialami Rismawati bermula pada 20 Februari kemarin. Menurut penuturan Sri Handayani, ibundanya, Risma, begitu ia akrab disapa hendak ikut sang ayah berjualan bakso kuah.

Saat itu, Risma berangkat dari rumahnya RT 01/RW II Kampung Trimulyo, Kecamatan Genuk dengan membonceng sepeda ayahnya yang penuh dengan dagangan bakso.

“Bapaknya mau jualan memakai sepeda lalu Risma dibonceng di atas panci yang berisi dagangan bakso. Tapi karena Trimulyo habis kebanjiran maka sepedanya terpeleset. Risma ikut terjatuh dan seluruh tubuhnya ketumpahan kuah bakso,” aku Sri kepada metrosemarang.com, sambil menahan tangis saat menunggu anaknya di Bangsal Anak RSUP Dr Kariadi, Rabu (22/3).

Akibat kejadian itu, sekujur tubuhnya mengalami luka bakar sampai 70 persen. Sri bilang dirinya sempat membawa putri kesayangannya ke RSI Sultan Agung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sayangnya, luka bakar yang parah membuat dokter Sultan Agung angkat tangan. Pihak rumah sakit mendiagnosis jika Risma harus menjalani operasi plastik untuk menutup luka bakarnya.

“Pihak RSI Sultan Agung menyarankan Risma dibawa pulang karena sudah membaik. Di Sultan Agung saya habis biaya Rp 24 juta. Tapi baru tiga hari di rumah, dia muntah dan BAB terus-menerus. Kemudian saya bawa ke RSUD Ketileng,” jelasnya.

Namun setali tiga uang, pihak RSUD Ketileng ternyata tak mampu memberikan perawatan lebih terhadap Risma. Baru dirawat delapan hari, Risma akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Kariadi.

Sementara itu, anggota tim dokter anak RSUP Dr Kariadi, dr Sulistyowati mengungkapkan Risma dirujuk ke rumah sakitnya menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan. “Risma masuk pagi kemarin, sempat dirawat di ICU, setelah berangsur membaik dipindah ke Bangsal Anak,” tuturnya.

Untuk saat ini, tim medis masih memantau perkembangan kesehatan gadis malang tersebut. Pengunjung tak boleh sembarangan masuk ke bangsal dengan pertimbangan luka bakarnya rawan terinfeksi kuman.

“Harus pakai masker kalau mau menjenguknya. Kesehatannya masih kami pantau terus,” sambungnya.

Sejauh ini, ia sudah melakukan observasi sementara pada luka bakar Risma. Setelah ditangani secara kontinyu, luka bakarnya yang tergolong parah tinggal 20 persen. (far)

You might also like

Comments are closed.