Selama 2017 Ada 653 Keluhan Layanan BRT Trans Semarang

METROSEMARANG.COM – Sepanjang tahun 2017 total keluhan masyarakat tentang layanan BRT Trans Semarang kepada BLU UPTD Trans Semarang selaku regulator mencapai 653 keluhan. Dari total angka tersebut sebanyak 90 keluhan masyarakat mengeluhkan tentang kondisi armada bus.

Uji emisi armada BRT. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

“Masih banyak keluhan tentang kendaraan. Baik dari kualitas dinginnya AC, pintu hidrolis macet, emisi gas buang. Ada 90 keluhan soal armada selama 2017 yang melingkupi 3 hal tersebut,”  kata Plt Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan, Rabu (3/1).

Dari semua keluhan tersebut, urutan koridor paling banyak dikeluhkan layanannya adalah koridor II sebanyak 44 keluhan, selanjutnya koridor IV sebanyak 22 keluhan, kemudian koridor I ada 10 keluhan, koridor III 8 Keluhan, koridor V 3 keluhan, dan koridor VI sebanyak 1 keluhan sepanjang 2017.

Menurut Ade Bhakti, tidak dapat dipungkiri karena koridor II adalah kendaraan yang paling tua dibandingkan dengan koridor-koridor yang lain. Akan tetapi mulai Desember 2017 pihaknya sudah mulai melakukan peremajaan.

Dari total 26 armada yang melayani koridor II, dia mengatakan tinggal 12 yang belum diremajakan, sedangkan 12 unit armada sudah siap. “Karena sebenarnya target kami per 1 Januari 2018 ini sudah dapat kami remajakan, karena kmarin ada keterlambatan pengiriman dr karoseri, dan ini posisi bus sedang dalam proses pengurusan surat menyurat,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan tanggal 9 Januari nanti semua armada baru sudah dapat beroperasi menggantikan armada koridor II yang sudah habis masa berjalannya selama 5 tahun. Sesuai dengan Peraturan Walikota Semarang Nomer 551.2/156tahun 2003, tentang Peremajaan Angkutan Umum Dalam Kota di Wilayah Kota Semarang.

Ade Bhakti menambahkan, dari 653 keluhan tersebut di atas, 3 posisi teratas keluhan masih didominasi keluhan tentang pelayanan sopir sebanyak 142 keluhan. Di bawahnya tentang armada tidal merapat ke shelter sebanyak 129 keluhan, dan nomor 3 tentang petugas tiket yang galak judes dan lain-lain sebanyak 100 keluhan. (duh)

You might also like

Comments are closed.